Friday, 20 July, 2018 - 05:17

20 Tim Pebalap Internasional Daftar TdCC

TdCC 2017 - Pebalap saat melintasi salah satu etape TdCC 2017. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Sekretariat TdCC 2018, Muchsin Pataya mengungkapkan sampai dengan saat ini, ada 20 tim pebalap internasional dari 16 negara telah mendaftar untuk ikut serta yakni Jepang, Vietnam, Filipina, Malaysia, Sri Lanka, Perancis, Cina, Belanda, Bahrain, Spanyol, Iran, Rusia, Hongkong, Selandia Baru, Australia dan terakhir Israel.

“Semua tim akan diseleksi oleh Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) untuk bisa lolos mengikuti TdCC 2018, yang saat ini berada di level 2.2 internasional,” ujar Muchsin di Palu, Selasa, 10 Juli 2018.

Adapun dari dalam negeri kata Muchsin yaitu tim Ina Pratama, Advance Custom Cycling, PGN, dan KFC. Tim-tim tersebut yang mendominasi juara TdCC 2017, ditambah tim pendatang baru BSPSIA. 

Muchsin tetap mengharapkan pengertian masyarakat Sulawesi Tengah yang dilewati rute balapan saat event TdCC 2018 berlangsung. Pasalnya, akan ada penutupan dan rekayasa arus lalu lintas di beberapa ruas jalan.

Dia mengaku bangga Sulteng bisa menggelar kembali ajang balap sepeda tersebut. Ia mengapresiasi seluruh pihak yang telah dan akan bekerjasama membantu penyelenggaraan balap yang telah terdaftar di tingkat dunia tersebut. Muchsin mengaku akan terus berusaha maksimal guna mematangkan persiapan dengan melakukan berbagai upaya dengan evaluasi berjenjang.

“TdCC 2017 secara keseluruhan berjalan sukses, ini berdasarkan penilaian Komiser UCI dan PB ISSI. Ujung tombak publikasi TdCC ada pada media agar masyarakat menerima informasi tersebut dengan baik. Kami juga bersyukur sekertariat TdCC 2018 ada di Kantor Kominfo Sulteng,” tandas Muchsin. 

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Provinsi Mohamad Nizam mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk kembali bersama-sama membantu menyukseskan Tour de Central Celebes (TdCC) 2018. 

Nizam memandang media memiliki peran yang vital dalam menyebarluaskan berita dan informasi selama TdCC berlangsung disamping memberikan pemahaman kepada khalayak luas, bahwa sebagai tuan rumah penyelenggara wajib menjaga situasi kondusif dan berlaku tertib, demi kesuksesan TdCC 2018.

“Kami juga menyosialisasikan kepada masyarakat melalui pengajian atau kelompok swadaya masyarakat lainnya, baik masjid, pura, gereja. Harapan kita agar TdCC lancar dan sukses. Semua media lokal akan kami libatkan,” ucap Nizam.

TdCC 2018 sendiri sesuai jadwal yang telah ditetapkan akan berlangsung pada 14-18 Oktober 2018 mendatang. TdCC akan melewati 5 etape dengan titik start di Teluk Lalong Kabupaten Banggai dan titik finish akhir di Kota Palu. 

 

Editor: M Yusuf Bj

Tags: