Sunday, 19 November, 2017 - 09:12

2018, RS Mobile Pratama Wakai Beroperasi

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Touna, Javanet Alfari. (Foto : Harris Wr/ Metrosulawesi)

Ampana, Metrosulawesi.com - Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna memastikan Rumah Sakit (RS) Mobile Pratama mulai dioperasikan tahun 2018 mendatang. Rumah Sakit yang terletak di tepi laut Desa Wakai Kecamatan Unauna dibangun sejak tahun 2014  menggunakan anggaran APBN.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Touna Javanet Alfari kepada Metrosulawesi mengatakan, tim advokasi dokter dari Palu mengusulkan perencanaan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Unauna segera mengoperasikan RS Pratama Wakai.

"Ide ini datang dari Tim Advokasi Dokter Provinsi,  dan usulan ini sudah kami sampaikan ke Pak Bupati, untuk tenaga medis dokter di rumah sakit tersebut akan dibahas lebih lanjut," jelas Javanet, Kamis 15 Juni 2017.
 
Menurutnya,  ada beberapa alternatif  perawatan yang akan dilakukan jika rumah sakit tersebut beroperasi mengingat di Wakai telah ada dibangun sebelumnya Rumah sakit Umum Besar yang saat ini juga memerlukan tenaga dokter.

"Saat ini kita tengah menyiapkan satu dokter sebagai Plt direktur Rumah Sakit Mobile Pratama Wakai, tapi alternatif yang akan dilakukan  adalah dokter yang bertugas di RSU Wakai diangkat sementara menjadi Plt di RS Pratama, dan tenaga medis lainnya adalah dokter-dokter yang telah kita titip di beberapa Puskesmas," jelasnya.

Dinas Kesehatan juga tengah berupaya untuk mengatur manajemen di dua rumah sakit yang sama-sama berada di Kepulauan Togean.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.