Tuesday, 18 September, 2018 - 23:43

2018, RS Moutong Miliki Dokter Ahli Kandungan

Parimo, Metrosulawesi.com - Kabar gembira bagi warga Moutong dan sekitarnya. Jika tak ada aral merintang, Januari 2018 Rumah Sakit (RS) Pratama Buluye Nopoae Moutong akan mendapatkan ketambahan dokter ahli di bidang Kandungan.
 
Hal tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) saat menghadiri perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriah tahun 2017 di Kecamatan Taopa, belum lama ini.

Dengan hadirnya dokter ahli kandungan itu akan menjawab harapan warga, khususnya ibu hamil yang selama ini kesulitan berkonsultasi soal kehamilan karena tidak adanya dokter ahli kandungan. Selain itu, banyak ibu hamil terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Anuntaloko Parigi atau ke Kabupaten Pohuwato karena tidak adanya dokter ahli kandungan di Rumah Sakit Moutong.
 
"Insya Allah Januari 2018, RS Moutong akan ketambahan dokter ahli kandungan. Dengan begitu ibu hamil tidak perlu lagi dirujuk ke Parigi atau Pohuwatu kecuali memang butuh tindakan lanjutan," kata Samsurizal Tombolotutu.

Dia mengatakan, dengan adanya ketambahan dokter ahli akan meningkatkan status rumah sakit Moutong dari tipe Pratama menjadi tipe D.

“Semakin banyak dokter ahli semakin baik. Sehingga diharapkan akan bermuara pada penigkatan kualitas layanan kepada pasien," ujarnya.

Menurut Samsurizal, selain RS Pratama Buleye Nopoae Moutong, Pemda Kabupaten Parimo saat ini tengah mengusulkan perubahan status rumah sakit Raja Tombolotutu Tinombo dari tipe D menjadi tipe C.

"Sama juga seperti RSUD Anuntalako Parigi kami sudah usulkan perubahan statusnya dari tipe C menjadi tipe B," ungkapnya.

Samsurizal berharap, dengan adanya perubahan status tiga rumah sakit itu pelayanan terhadap masyarakat di bidang kesehatan akan semakin baik.

"Tugas pemerintah daerah memastikan bahwa pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dapat menjangkau seluruh wilayah. Karena itulah kami membangun tiga rumah sakit di Kabupaten Parimo, karena semua ini dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat semakin mudah dan murah," tuturnya. 


Editor : Syamsu Rizal