Friday, 20 July, 2018 - 04:52

25 Juni, SMANSA Palu Umumkan PPDB

PPDB - Puluhan siswa baru saat mengikuti seleksi PPDB di SMAN 1 Palu belum lama ini. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - SMA Negeri 1 (SMANSA) Palu akan melakukan pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru pada 25 Juni 2018 mendatang. Pelaksanaan pengumuman tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2018 tentang PPDB.

Demikian dikatakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMANSA Palu, Budiono kepada Metrosulawesi melalui ponselnya, Rabu, 20 Juni 2018.

Belum lama ini, kata Budiono, SMAN 1 Palu melaksanakan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
Budiono mengaku, untuk PPDB 2018, sekitar 1000 lebih pendaftar yang mengambil formulir pendaftaran. Namun, yang mengembalikan formulir hanya 825 orang saja.

“Meski begitu, seleksi tetap dilaksanakan, karena pendaftar melebihi dari daya tampung SMAN 1 Palu secara keselurahan, sesuai dengan amanah Permendikbud nomor 14 tahun 2018 tersebut,” katanya.

“PPDB tahun ini, SMAN 1 Palu hanya menerima 12 rombongan belajar. Sementara, satu rombogan belajar terdiri dari 36 orang. Dengan begitu, sekitar 432 yang akan diterima pada PPDB tahun ini,” katanya.

Budiono mengungkapkan pelaksanaan seleksi dibagi dua tahap. Tahap pertama seleksi tulis dan seleksi kedua wawancara. Sementara itu, pada seleksi tahap pertama, peserta dibagi menjadi dua sesi, satu sesi terdiri dari 25 kelas, dan satu kelas terdiri dari 20 sampai 25 orang.

Untuk proses pendaftaran, kata dia, peserta diwajibkan memperlihatkan Kartu Keluarga yang asli (KK), akte kelahiran, foto copy SKHU, foto copy raport, dan lain sebagainya. Menurutnya, zonasi tetap menjadi prioritas, selain itu juga jalur prestasi sebanyak 10 persen.

“Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanaka pada 25 Juni mendatang, setelah itu daftar ulang bagi siswa yang dinyatakan lulus pada Senin-Selasa (26-29 Juni 2018),” ujarnya.

Budiono mengatakan jurusan yang paling diminati setiap tahun di SMAN 1 Palu yakni IPA.

“Maka dari itu, tahun ini seperti tahun sebelumnya, pihak sekolah membuka tiga jurusan diantaranya IPA, IPS dan Bahasa, peminat di jurusan bahasa ini lumayan banyak,” ungkapnya.

“Kami berharap siswa baru yang lolos di SMAN 1 Palu betul-betul yang sudah terseleksi berdasarkan Permendikbud dan surat edaran dari Disdikbud Sulteng. Selain itu, peserta didik harus berkarakter dan menjunjung tinggi etika dan berprestasi,” katanya.

Setelah pengumuman, kata Budiono, para siswa baru harus melaporkan diri (daftar ulang) yang digelar 26-29 Juni, setelah itu dilaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) 9-11 Juli 2018, sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) aktif. 


Editor: M Yusuf Bj