Sunday, 19 November, 2017 - 15:10

41 Fasilitator Ikut Pelatihan Penyuluh Pertanian Terampil

Parigi, Metrosulawesi.com - Sebanyak 41 orang peserta fasilitator mengikuti pelatihan dasar fungsional penyuluh pertanian terampil di Aula Kantor Tanaman Pangan dan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Parimo di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan, Selasa 14 November 2017.

Pelatihan ini dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Parimo yang berkerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku.

Bupati Kabupaten Parimo Samsurizal Tombolotutu dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan, pengembangan sumber daya manusia diarahkan antara lain pada pengembangan semangat, wawasan, kecerdasan keterampilan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membentuk kepribadian yang mandiri.

“Para penyuluh pertanian mampu meningkatkan kinerjanya melalui penjenjangan karier yang diatur dengan Permenpan Nomor PER/02/MENPAN/2/2008 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian dan Angka Kreditnya. Untuk itu saya meminta kepada penyuluh fungsional yang akan menerima pelatihan agar para penyuluh pertanian mampu meningkatkan kinerjanya melalui penjenjangan karier yang sudah diatur Permenpan,” ujar Samsurizal.

Dia mengatakan, salah satu upaya terwujudnya SDM yang profesional dan kompeten dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan yang terstruktur dan terprogram.

“Karena tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap bagi penyuluh pertanian sehingga memiliki kemampuan dalam melaksanakan pekerjaannya dengan menggunakan prosedur dan teknik kerja dan memberikan wawasan berfikir secara komprehensif bagi penyuluh pertanian,” terang Samsurizal.

Dia menambahkan, pelatihan yang diselenggarakan selama 21 hari mulai 14 November sampai dengan 4 Desember 2017 menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi organisasi dan tata kerja dan tata hubungan kerja penyuluh pertanian sehingga menghasilkan penyuluh terbaik dan dapat meningkatkan perekonomian yang ada di Kabupaten Parimo.

“Sasaran pelatihan adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan ASN yang akan  telah menduduki jabatan fungsional penyuluh pertanian tingkat terampil terhadap tugas pokok dan fungsinya,” tuturnya.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.