Tuesday, 12 December, 2017 - 08:47

73 Mahasiswa STMIK Adhi Guna di Wisuda

Para wisudawan mengikuti prosesi wisuda STMIK Adhi Guna ke 13, di Ballroom Swiss Bell Hotel, Rabu (12/8/2015). (Foto : Metrosulawesi/Mawan Kurniawan)

Palu, Metrosulawesi.com – 73 mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna Palu resmi diwisuda sebagai angkatan ke 13 di Ballroom Swiss Bell Hotel, Rabu (12/8/2015).

Ketua STMIK Adhi Guna, Syamsuddin  mengatakan 73  peserta wisuda terdiri dari 49 orang lulusan program sarjana teknik informatika dan 24 orang lulusan program sistem informasi.

“Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung  jawab STMIK Adhi Guna kepada bangsa dan negara Indonesia, dan  sekaligus merupakan wujud karya utama kampus,” kata Syamsuddindalam sambutannya.

Ia menjelaskan, pada umumnya permasalahan di dunia nyata bersifat holistik atau multi-dimensional. Memahami permasalahan tersebut dengan mengunakan sebuah ilmu pengetahuan tertentu saja, tidak akan memberikan hasil yang utuh, dan pada saat tersebut wisudawan akan menjumpai mitra atau kolega dari bidang-bidang iptek yang berbeda. Di sini, keterbukaan atas perbedaan bidang iptek jadi sikap yang penting.

“Dengan bersikap terbuka, kalian dapat mempelajari permasalahan di dunia nyata melalui beragam perspektif. Hal ini pada gilirannya akan memperkaya penguasaan ilmu pengetahuan,” ujar Syamsuddin.

Sebagai ilustrasi, pada smartphone atau laptop, akan kita temui betapa banyaknya jenis ilmu pengetahuan yang terlibat secara terintegrasi untuk menghasilkan barang tersebut. Interaksi antara bidang-bidang ilmu pengetahuan adalah sebuah prasyarat untuk menjawab permasalahan sosial maupun persaingan industri.

“Saya ingin mengingatkan bahwa bangsa Indonesia telah menunggu karya-karya inovatif kalian untuk bangkit menjadi bangsa yang besar. Dalam aktivitas di masyarakat jangan lupa untuk selalu mengedepankan karakter yang berkemampuan dan berkebiasaan memberikan yang terbaik yang dijiwai akhlak dan budi pekerti mulia,” tuturnya.

Ia berharap, agar alumni STMIK Adhi Guna selain bisa menunjukan pribadi cerdas dan berilmu, juga memiliki tujuh budi utama yang berkualitas baik, yaitu jujur, bertanggung jawab, adil, peduli, disiplin, visioner, serta senang menolong dan bekerjasama.

“Sebagai calon-calon pemimpin regional, nasional, maupun global, wisudawan juga harus selalu berusaha menegakkan nilai-nilai kebaikan, kebenaran dan keluhuran dalam kondisi apapun; serta mempunyai keramahan sosial yang membawa kemaslahatan maksimal bagi masyarakat, bangsa dan negara,” harapnya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.