Friday, 22 June, 2018 - 09:55

Anggaran Pilgub Sulteng Kemungkinan Dikurangi

Ratna Dewi Petalolo. (Foto : Dok MS)     

Palu, Metrosulawesi.com - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah, Ratna Dewi Petalolo mengungkapkan, anggaran pilkada gubernur (Pilgub) yang diajukan Bawaslu ke Pemrov Sulteng sebesar Rp 39 miliar kemungkinan akan dikurangi. Hal itu dikarenakan ketersedian anggaran di Pemprov yang terbatas.

Dalam pertemuan sebanyak dua kali, antara Bawaslu dan Pemprov memutuskan, bahwa Bawaslu diminta untuk mengurangi kegiatan yang sifatnya sosialisai.

"Diminta untuk mencoba melihat lagi kebutuhan yang bisa dikurangi, tentu untuk kebutuhan substansi soal honor dan sarana perkantoran Bawaslu tidak bisa mengganggu hal itu. Karena itu adalah kebutuhan," jelas Dewi kepada Metrosulawesi, Selasa (14/4).

Menurutnya, pengurangan kegiatan ini mengurangi hari pelaksanaannya. Misalnya, pelaksanaan kegiatan yang memakan waktu selama tiga kali pertemuan, maka kegiatan tersebut dikurangi menjadi dua kali pertemuan. Namun, itu  tidak akan mengurangi tujuan dari inti kegiatan atau capaian sasarannya.

“Ini dimaksimalkan, karena memang ketersedian anggaran di pemerintah yang tidak bisa membiayai. Sehingga menyesuaikan kegiatan kami. Yang jelas, tidak akan mengurangi tujuan kegiatan, yang mana kegiatan pilkada bisa melibatkan partisipasi masyarakat,” ungkapnya.

Saat ini, perbaikan mengenai anggaran tersebut sudah dilakukan oleh Bawaslu dan telah diserahkan kembali kepada Pemprov untuk dipelajari.

"Kami berharap dalam waktu dekat anggaran tersebut dapat direalisasikan oleh pemerintah, Bawaslu tetap optimisi dari kegiatan yang diajukan sudah berdasarkan kebutuhan, tutup Ratna.