Tuesday, 12 December, 2017 - 08:56

Anjungan Taman Ria, Destinasi Baru Warga Palu

Anjungan Taman Ria mulai banyak dikunjungi warga saat liburan, Minggu pagi, 2 April 2017 (Foto : Surahmanto S/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Minggu kerap menjadi hari yang dinanti masyarakat umumya, tak terkecuali warga Kota Palu untuk menikmati masa liburannya. Wisata pantai menjadi favorit warga Kota Palu dalam mengisi liburannya. Selain kawasan anjungan Talise dan kampung nelayan, Anjungan Taman Ria yang terletak di ujung Jalan Cumicumi menjadi destinasi wisata baru warga Kota Palu.

Devi Andriani Lestari salah satu warga Kelurahan Kabonena menjelaskan bahwa dirinya memilih anjungan taman ria karena jaraknya yang dekat.

“Kalau dulu kami beserta keluarga sering ke permandian kampung nelayan. Namun sekarang karena sudah ada Anjungan Taman Ria dan berdekatan dengan rumah, jadi kami memilih untuk mandi air laut di sini saja,” kata Devi di Palu, Minggu, 2 April 2017.

“Kalau diperhatikan sebenarnya disini tidak kalah bagus dengan lokasi permandian air laut yang ada di kampung nelayan. Hanya memang perlu penataan yang lebih baik lagi, agar daya tarik lokasi ini menjadi salah satu objek wisata baru di Palu,” sambungnya.

Pantauan Metrosulawesi, selain banyak warga yang berenang dan menikmati keindahan pantai, lokasi ini juga digunakan warga unttuk memancing.

Para pedagang UMKM pun mulai meramaikan kawasan Anjungan Taman Ria. Beberapa penjual kuliner lokal dan hiburan anak-anak ramai pengunjung.  

Hal senada disampaikan mahasiswa prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Tadulako (Untad) Moh. Iful. Kata dia, Anjungan Taman Ria perlu pembenahan khusus, agar bisa menjadi salah satu objek wisata warga Palu.

“Perlu diperhatikan kebersihan di lokasi ini, agar sampah-sampah tidak berserakan, terutama kebersihan pantai. Jika dilihat, belum ada petugas penjaga kebersihan di lokasi ini, sehingga pemerintah perlu mengadakan petugas pantai untuk menjaga kebersihan di lokasi ini,” katanya.

“Parkir dan warung makan yang dikelola warga sekitar juga harus dibenahi, agar mereka yang melakukan aktifitas menjual dan menjadi juru parkir tidak ilegal. Sebenarnya, lokasi ini bisa menjadi potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sangat baik jika dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Palu,” sambungnya.

Iful berharap Anjungan Taman Ria segera menjadi perhatian pemerintah untuk dikelola dengan baik.

”Harapannya Pemkot Palu bisa melirik lokasi ini, karena objek wisata yang ramai seperti ini memang harus dikembangkan. Katanya Palu ingin dijadikan kota destinasi, olehnya harus harus ada tindakan Pemkot untuk mengembangkan segala potensi daerah, seperti lokasi ini,” ungkapnya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.