Thursday, 20 September, 2018 - 06:27

Ansyar Imbau Wali Siswa Cairkan Dana PIP

Ansyar Sutiadi. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu Ansyar Sutiadi mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mendapatkan Kartu Program Indonesia Pintar (PIP) agar segera mencairkan dananya.

“Kami meminta agar dana tersebut digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, jangan sampai orang tuanya mengunakan dana itu dengan untuk hal lain,” kata Ansyar di Jakarta melalui ponselnya, Kamis, 7 Desember 2017.

Ansyar mengatakan tujuan pemerintah memberikan PIP untuk meringankan beban orang tua dan melengkapi sarana peserta didik, baik perlengkapan atau keperluan sekolah lainnya.

“Hari ini ada beberapa kepala sekolah dari Palu datang ke Jakarta untuk mempercepat pencairan PIP tersebut,” ujarnya.

Ansyar mengungkapkan sejak kemarin pihaknya terus mencari orang tua siswa yang kurang mampu, untuk diberikan PIP agar terbantu dalam melengkapi sarana sekolah anaknya. Ansyar mengaku serapan anggaran PIP masih minim.

“Saya juga kurang tahu, kenapa masih banyak yang belum menerima, apakah orang tuanya kurang informasi atau seperti apa. Sehingga saya selalu sampaikan kepada kepala sekolah, apabila telah mempunyai data, agar segera diinformasikan kepada masyarakat, khususnya soal pencairannya. Karena pencairan dana itu bertahap,” jelasnya.

Ansyar berharap setiap turun dana PIP, orang tua siswa segera mencairkannya untuk membeli perlengkapan anaknya bersekolah.

“Pemberian dana kepada siswa melalui PIP untuk siswa SD sebesar Rp450 ribu, sedangkan SMP, Rp750 ribu,” katanya.

Ansyar mengatakan pemberian PIP diperuntukan khusus siswa miskin yang terdaftar pada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), dan miskin menurut pengamatan sekolah.

“Jadi ada usulan sekolah, apabila siswa itu tidak masuk di TNP2K. Sekolah bisa mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk diberikan PIP,” ungkapnya.      


Editor : M Yusuf Bj