Tuesday, 12 December, 2017 - 09:08

Bakal Caleg Nasdem Tembus 55 Orang

Ketua DPD Nasdem Kota Palu, Nasution Tjamang. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sejak dibuka 9 Februari 2017 sedikitnya 55 formulir bakal caleg di DPD Nasdem Kota Palu sudah tersebar, sejumlah tokoh masyarakat, aktivis dan politisi turut meramaikan daftar calon bakal caleg Nasdem yang ditutup 15 Maret 2017.

Dapil empat yakni Kecamatan Palu Timur-Mantikulore merupakan daerah terbanyak peminatnya, dimana terdapat 22 nama telah mendaftarkan diri, diantara nama tersebut yakni mantan calon Wakil Walikota Palu, H Tamrin Samauna.

Sementara di Dapil Palu Selatan-Tatanga terdapat 13 bakal calon sudah mendaftar, diantaranya Yos Sudarso Mardjuni, Dapil Palu Barat-Ulujadi pendaftar sebanyak 12 orang pendaftar diantaranya mantan anggota DPRD Kota Palu, Dahniar S Tagintina. Pun Dapil Palu Utara-Tawaeli terdapat 8 orang pendaftar salah satunya Direktur Sikola Mombina, Mutmainah Korona.

Ketua DPD Nasdem Kota Palu, Nasution Tjamang, Jumat 17 Maret 2017 mengatakan, pendaftar dibagi menjadi dua kategori, satu dari pendaftar internal Nasdem dan satu lagi dari eksternal Nasdem.

“Tetapi semunya adalah kader partai Nasdem, karena salah satu persyaratannya untuk mendapatkan formulir Bacaleg yaitu memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA),” ujar Nasution.

Setelah pandaftaran ditutupseluruh Bacaleg akan diikutikan dalam kegiatan-kegiatan partai dan diberikan pendampingan. Dalam prosesnya nanti akan diseleksi oleh tim independen untuk menentukan nama yang dijadikan caleg sementara oleh Nasdem.

“Beberapa tahapan mesti dilalui oleh Bacaleg, mulai dilibatkan pada kegiatan partai, melakukan tahapan sosialisasi dan disurvei tingkat keterpilihannya dimasyarakat sebelum menjadi Daftar Caleg Sementara (DCS),” kata Sekretaris Komisi II DPRD Sulawesi Tengah ini.

Tim independen yang melaksanakan rangkaian tahapan seleksi Bacaleg terdiri dari 2 orang akademisi Untad, 1 tim pakar internal, 1 jurnlis dan 1 LSM. Hasil seleksi tim Independen ini akan dikirim ke DPW Partai Nasdem.

“Target kami jelas pada pemilu 2019 mendatang tingkat Kota Palu, dimana 6 kursi DPRD menjadi bidikan. Itu menjadi angka minimal yang mesti kami raih, sedangkan menjadi pemenang pemilu adalah target utama kami,” ujar Nasution.

Diakuinya, untuk mewujudkan target tersebut seluruh kader harus bekerja keras, dan partai membuka diri bagi semua kalangan utamanya tokoh masyarakat untuk memilih Nasdem sebagai kendaraan politik.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.