Monday, 23 October, 2017 - 10:44

Berikan Sedikit Perhatian Pada Jantung Anda

Serangan jantung bisa disebabkan oleh berbagai jenis penyakit jantung, salah satunya adalah Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang paling sering dijumpai. Badan kesehatan internasional (WHO) pun telah menyatakan bahwa PJK saat ini adalah penyebab utama kematian di dunia. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengenal dan menyadari akan penyakit membahayakan ini.

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan suatu kondisi jantung yang tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, karena otot jantung mengalami kerusakan akibat kekurangan oksigen. Penyebab utama PJK adalah penyempitan pembuluh darah akibat menumpuknya lemak yang dikenal sebagai aterosklerosis.

Gangguan metabolisme lipid (lemak) atau dislipidemia yang ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol total, kolesterol 'jahat' LDL, trigliserida, dan penurunan kolesterol 'baik' HDL diakui sebagai cikal bakal terjadinya aterosklerosis. Namun, beberapa penelitian terakhir menemukan adanya faktor lain yang berperan dalam proses aterosklerosis diantaranya adalah Apo B dan hs-CRP.

    Karena itu untuk memperkirakan risiko terkena PJK yang lebih baik, selain melakukan pemeriksaan panel lemak, penting juga melakukan pemeriksaan Apo B dan hs-CRP terutama bagi mereka yang:

- Mengalami gangguan metabolisme lemak (dislipidemia), baik dengan kolesterol yang tinggi maupun trigliserida yang tinggi.

- Menderita obesitas, meski tidak disertai dengan dislipidemia.

- Memiliki kadar kolesterol LDL pada rentang normal.

- Mengidap diabetes

- Sedang menjalani pengobatan gangguan lemak terutama pengobatan yang menggunakan kelompok statin.

- Ingin melakukan uji saring kesehatan terutama melihat profil lemak.

Tiap menit, jantung kita berdetak 60-100 kali tanpa henti, ketika kita sedang terjaga maupun di saat tidur, untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan memberikan nutrisi bagi setiap sel-sel tubuh kita. Karena itu, berikan sedikit perhatian pada jantung kita untuk hidup yang lebih berkualitas.

Lakukan pemeriksaan Apo B dan hs CRP untuk mengetahui kondisi jantung kita, sebagai ungkapan terima kasih atas kerja kerasnya.

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi laboratorium klinik Prodia, Jl. S. Parman No. 16, Palu(0451-451639 atau 0822 9167 2222).(Adv/Ikl)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.