Tuesday, 18 September, 2018 - 23:46

Bhabinkamtibmas Polres Palu Akan Sambangi Setiap Rumah Warga

AKP Widodo Sugiharto S.Sos. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Jajaran anggota Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Palu, mulai rutin menggelar program DDS atau Door to Door System, melakukan kunjungan dari rumah ke rumah. Apabila ada permasalahan ditengah warga, maka Binmas akan memberikan solusi (problem sovling).

Kasat Binmas Polres Palu AKP Widodo Sugiharto mengatakan, program tersebut digalakan sesuai dengan arahan  Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi saat apel besar Bintara yang menyebut, bahwa peran serta Bhabinkamtibmas bertugas ditengah-tengah masyarakat bukan untuk dilayani, tetapi berkewajiban melayani.

“Jadi usai Apel besar Jumat kemarin, sesuai arahan Kapolda Sulteng, langsung ditindak lanjuti Bhabinkamtibmas Polres Palu. Olehnya kami harus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, istilah dilayani itu sudah tidak ada lagi, tetapi wajib melayani," kata  AKP Widodo Sugiharto, Senin  (25/4).

Binmas sendiri, sambung AKP Widodo, mempunyai kerjasama dengan 3 (tiga) pilar di masyarakat. Yakni diantaranya, Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Selain itu tidak melupakan peran serta tokoh masyarakat, adat dan pemuda di kelurahan masing-masing. Sehingga permasalahan yang ada dapat diantisipasi serta meminimalisir gangguan kambtibmas.

Terkait peran Binmas dalam mengantisipasi maraknya peredaran Narkoba, pihaknya tetap melakukan DDS, tatap muka ke warga setempat, selalu memberi himbauan khususnya remaja dan pemuda. Bahkan di setiap kelurahan telah terpasang spanduk tentang bahaya narkoba.

Selain itu pihaknya tetap rutin tiap hari Jumat dan Minggu melakukan himbuan Kambtimbas di rumah ibadah, seperti Mesjid dan Gereja di Kota Palu.

“Saya berharap mudah-mudahan ke depannya seluruh Bhabinkamtibmas, lebih khususnya Binmas Polres Palu lebih berperan lagi (pro aktif) ditengah masyarakat serta dapat di cintai oleh masyarakat,” tandasnya.


Editor : Subandi Arya