Tuesday, 22 August, 2017 - 06:00

Bupati Balut Resmikan Puskesmas Banteng

GUNTING PITA - Wakil Bupati Balut Dra. Hj Tuty Hamid saat melakukan pengguntingan pita peresmian Gedung Puskesmas Banggai Tengah (Banteng) disaksikan oleh Bupati Balut Drs. H Wenny Bukamo, Kajari Balut, Aleg DPRD Balut dan Kadis Kesehatan, Jum'at 17 Maret 2017. (Foto : Mohamad Ikbal/ Metrosulawesi)

Balut, Metrosulawesi.com - Bupati Banggai Laut Drs. H Wenny Bukamo meresmikan dua pembangunan yang sangat penting pada tahun anggaran 2016 yakni gedung puskesmas Banggai Tengah dan gedung SMA Negeri 3 Banggai. Kedua bangunan penting ini berada di Desa Adean Kecamatan Banggai Tengah.
 
"Kami sangat berbangga atas peresmian dua gedung ini namun yang paling sangat berbangga yakni Kepala Desa Adean karna ke dua gedung ini berada di desa Adean," kata Bupati Balut Drs. H Wenny Bukamo dalam sambutannya di peresmian kedua gedung tersebut, Jumat 17 Maret 2017.

Dalam sambutannya Wenny mengungkapkan bahwa Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah (Sulteng) terus mengalami kenaikan, sayangnya kenaikan itu tidak sebanding dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sulteng masih sangat rendah. IPM dibawahi dua faktor yakni pendidikan dan kesehatan.

"Pertumbuhan ekonomi secara nasional Sulteng yang paling tertinggi dengan sembilan digit. Sayangnya berita gembira itu tidak di dukung dengan IPM. SDM kita kualitas masih belum mengembirakan, pelayanan kesehatan kita belum sebagaimana yang kita harapkan, karna itu IPM kita berada dibawah rata-rata di Nasional Indonesia secara khusus. Ini yang harus kita pikirkan dan laksanakan, kita cari jalan pemecahannya antara lainnya saat ini meskipun kecil kita sudah memulai yakni peresmian gedung puskesmas dan gedung sekolah SMA Negeri 3 Banggai," ungkapnya.

"Persemian gedung SMA Negeri 3 ini sangat penting bagi kita karna akan menampung anak didik atau peserta didik yang jumlahnya terus meningkat," tambah Bupati Wenny Bukamo.

Disamping itu, Bupati berharap dengan adanya fasilitas kesehatan yang terus diperbaiki bisa meningkatkan pelayanan kesehatan prima.

"Kalau untuk puskesmas yang ada di pulau Banggai saya tidak khwatir, untuk puskesmas yang ada di pulau Banggai pegawai banyak tapi 4 puskesmas lainnya yang berada diluar pulau Banggai yang masih sangat kekurangan. Sehingga saya berharap tidak ada tenaga kesehatan khususnya PNS yang minta pindah tugas karna itu tidak akan saya setujui," tandas Bupati.

Acara peresmian Gedung Puskesmas Banggai Tengah dan Gedung SMA Negeri 3 Banggai dihadiri Wakil Bupati Banggai Laut Dra. Hj Tuty Hamid, para Anggota DPRD Balut, Kajari Balut serta kepala-kepala dinas di lingkup pemda Balut.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.