Thursday, 21 June, 2018 - 10:56

Bupati Touna Keluarkan 9 Poin Imbauan

Muhamad Lahay. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Ampana, Metrosulawesi.com - Masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una diminta meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan meramaikan masjid/musallah.

Hal itu berdasarkan sembilan poin imbauan resmi yang dikeluarkan Bupati Touna Mohammad Lahay, pada bulan Ramadan 1439 H/2018 M. Sembilan poin imbauan tersebut diharapkan menjadi perhatian bersama untuk tidak dilanggar.

Selain meramaikan masjid dengan perbanyak salat, zikir, doa, serta membayar zakat. Poin kedua dalam imbauan itu adalah meminta pengurus masjid/ musallah mengisi bulan Ramadan dengan pengajian, tarawih, tadarus, pesantren, serta kegiatan religi lainnya.

Imbauan berdasarkan nomor: 450/641/Adm.KA.Dan Kesra, itu kini telah beredar luas di Kabupaten Tojo Una-Una. Perangkat pemda hingga kecamatan dan desa, juga telah menerima imbauan tertulis tersebut.

Poin ketiga imbauan bupati adalah: masyarakat tidak terlibat perjudian, narkoba dan maksiat. Keempat: umat lainnya menghormati umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Kelima: pemilik restauran, rumah makan, kafe, tidak buka sejak pagi-siang hari. Nanti buka pada pukul 15.00 Wita sore.

Keenam: pengusaha rental VCD dan warnet, tidak beroperasi saat pelaksanaan tarawih. Begitupun tempat karaoke, selama Ramadan diminta tidak buka. Ketujuh: sopir angkot menghargai penumpang yang puasa dengan tidak merokok, makan dan minum di tempat umum.

Kedelapan: menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan masjid demi khusyuknya salat tarawih. Dan terakhir atau kesembilan: orang tua diminta mengawasi anak-anaknya agar tidak membunyikan petasan, kembang api, dan sejenisnya selama tarawih berlangsung.

Sembilan poin imbauan ini, lanjut bupati, sangat besar manfaatnya dalam menjaga nilai ibadah dan nilai toleransi di bumi Sivia Patuju selama bulan Ramadan. Penduduk Tojo Una-Una yang mayoritas memeluk agama Islam, kiranya menjadikan bulan Ramadan sebagai momen memperbaiki dan introspeksi diri.

"Penduduk kita berkisar 92-93 persen muslim. Bulan Ramadan tentunya kita sambut dan jalankan penuh suka cita. Mari perbanyak beribadah dan berbuat baik selama Ramadan. Karena Ramadan berikutnya, tidak ada garansi bagi kita masih bisa berjumpa lagi," kata bupati kepada umat Islam Touna.


Editor: Syamsu Rizal