Thursday, 14 December, 2017 - 14:30

DBD Rawan Saat Cuaca tak Stabil

Kepala Dinas Kesehatan Palu, dr Royke Abraham. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Kesehatan Palu dr. Royke Abraha mengingatkan warga Palu untuk menjaga kesehatan dengan baik dan benar selama menjalan ibadah puasa bagi ummat muslim karena kondisi cuaca Palu yang saat ini tidak menentu.

“Daya tahan tubuh harus kita jaga, agar tidak menurun dan tetap sehat beraktifitas,” kata dr. Royke di Palu, Sabtu, 3 Juni 2017.

“Sekarang ini lingkungan tidak stabil, kadang hujan dan kadang juga panas, sehingga masyarakat harus bisa menyesuaikan kondisi lingkungannya,” sambungnya.

dr. Royke juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dari beberapa potensi penyakit yang bisa terjadi saat kondisi suhu lingkungan kurang stabil.

“Jika kodisi yang terjadi di Palu setelah hujan lalu panas, kemudian hujan kembali, maka akan berpotensi penyakit demam berdarah (DBD),” katanya.

“Debit air hujan karena sampah-sampah yang tidak terurus akan membuat perkembangbiakan nyamuk tumbuh subur. Apalagi Palu merupakan kota endemis, sehingga kasus DBD selalu ada di Palu. Tinggal bagaimana kita menekan angka penyakit tersebut,” sambungnya.

Untuk itu, kata dr. Royke, warga Palu harus bisa menjaga kebersihan.

“Karena kebersihan lingkungan akan mempengaruhi kesehatan warga Palu,” jelasnya.

dr. Royke mengimbau agar Gerakan Gali Gasa yang sudah dicanangkan oleh Wali Kota benar-benar dilaksanakan dengan baik.

“Program Wali Kota Palu ini sangat baik untuk terus dilaksanakan demi terjaganya kebersihan lingkungan,” katanya.

“Gerakan Gali Gasa harus dilakukan hingga tingkat yang paling bawah, terutama hingga ke tinggakat RT setiap kelurahan,” sambungnya.

Selain itu, kata dr. Royke, cuaca tak stabil juga dapat memicu munculnya penyakit diare.

“Harus memperhatikan agar serangga tidak masuk di dalam rumah, seperti lalat. Sehingga pada cuaca yang labil seperti ini harus menjaga kebersihan makanan agat tidak dihinggapi lalat,” katanya.

“Penyakit yang harus diwaspadai juga adalah influenza, cuaca yang tidak bersahabat sangat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang menurun, jaga keseehatan dengan gunakan jaket atau pakaian tebal saat hujan. Perhatikan cuaca, agar masyarakat bisa menyesuaikan pakaian yang akan digunakan,” jelasnya.


Editor : M Yusuf BJ

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.