Friday, 22 June, 2018 - 10:01

Dinkes Balut Tangani 10 Kasus Gizi Buruk

Balut, Metrosulawesi.com - Kasus gizi buruk di Indonesia sudah menjadi isu nasional yang membutuhkan perhatian serius pemerintah. Tak hanya terjadi pada sejumlah wilayah seperti di Provinsi Papua, tetapi gizi buruk ini kini telah merambah Sulawesi Tengah yakni di Kabupaten Banggai Laut.

Sejauh ini, diduga sudah sekitar 10 penderita yang telah ditangani Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes, P2 dan KB) Banggai Laut.

Hal ini dibenarkan Sekretaris Dinas tersebut Nurdin saat dihubungi wartawan koran ini via telepon pada Selasa 6 Maret 2018.

"Sejauh ini yang saya ketahui sudah sekitar sepuluh kasus yang ditangani, tapi untuk data pastinya nanti ada bidang Pelkes (Pelayanan Kesehatan) dan Gizi," kata Nurdin.

Selain itu, dirinya juga membenarkan bahwa saat ini ada dua pasien anak penderita gizi buruk yang tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banggai.

"Ia ada, satunya warga Tanjung, dan yang satunya lagi dari Desa Tinakin," jelasnya.

Dalam penanganan kasus gizi buruk ini kata Nurdin, dirinya masih kekurangan anggaran, sehingga kepedulian dan perhatian serius dari Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan.

"Kita masih sangat kekurangan anggaran, karena petugas kesehatan kita khususnya bagian gizi harus turun lapangan, ini sudah kita lakukan walaupun belum ada anggaran," tambahnya.

Sebelumnya juga telah diberitakan melalui media bahwa salah seorang bayi yang diduga penderita penyakit serupa telah meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSUD Banggai, namun hal itu disangkal pihak Dinkes, P2 dan KB jika Bayi malang tersebut bukan penderita gizi buruk. 


Editor: Syamsu Rizal

Berita Terkait