Thursday, 20 September, 2018 - 06:56

Disdikbud Sulteng-Pemda Bangun Pakta Integritas UN 2018

PANTAU UN - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng Irwan Lahace saat memantau simulasi disalah satu sekolah belum lama ini. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Irwan Lahace mengungkapkan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional (UN) tahun ini.
 
Irwan Lahace mengungkapkan belum lama ini pihaknya melakukan kegiatan sosialisasi dan penandatangan MOU atau pakta integritas dengan sejumlah kabupaten di Sulawesi Tengah terkait pelaksanaan UN. Kata dia, hal itu dilakukan karena pelaksanaan UN erat kaitannya dengan pandanaan.

“Kami berharap pelaksanaan UN ini berjalan dengan lancar. Tahun ini, SMA/SMK, 100 persen melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sehingga pengadaan soal menggunakan kertas dan pensil untuk SMA/SMK tidak dilakukan, kecuali SD dan SMP, naskah soal  UN tetap diadakan di provinsi, dengan pengamanan tertutup dari Polda Sulteng,” ujar Irwan, Selasa, 13 Maret 2018.

Menurutnya, UNBK sangat didorong untuk dilaksanakan oleh sekolah, salah satu untuk menghindari kebocoran soal ujian.

“Dengan dilaksanakan UNBK, kami yakin tingkat kebocoran soalnya sangat sulit. Karena soal ujianya berbeda-beda antara satu siswa dengan siswa lainnya, meskipun berdekatan, namun soal tidak sama, semuanya di acak,” jelasnya.

“Untuk pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di jenjang SMA/SMK juga telah siap,” katanya lagi.
 
Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Chwarismy Shindy mengatakan panitia UN telah mempersiapkan tempat untuk menampung dokumen atau naskah soal UN 2018, dengan pengamanan kepolisian 24 jam.

“Diperkirakan pada 20 Maret 2018 dokumen yang sudah digandakan akan distribusikan dari Surabaya ke Palu. Olehnya itu, sebelum 20 Maret, saya harus menyakinkan dan mengecek terkait distribusi naskah UN. Kapan dibutuhkan dan kapan akan dikirim,” jelasnya.

Selain itu, kata Shindy, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi di tingkat kabupaten dan di beberapa sekolah terkait pelaksanaan dan persiapan UN 2018.


Editor: M Yusuf Bj