Sunday, 19 November, 2017 - 09:11

Edukasi Soal Emas, Pegadaian Akan Gelar Bazar Lagi

BELI EMAS - PT Pegadaian setiap bulannya rutin melaksanakan Bazar Emas di Kota Palu. (Foto : Risma Thamrin/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Untuk membeli perhiasan yang terbuat dari emas, ternyata bukan dilihat dari tingginya kandungan kadar atau tingginya karat emas. Justru semakin tinggi kadar emas maka risiko ‘kerusakannya’ akan semakin tinggi.

Hal ini diungkapkan Kepala Cabang PT Pegadaian Arief Wibowo, saat ditemui pada Bazar Emas Pegadaian yang digelar di Palu Grand Mall baru-baru ini.

PT Pegadaian memang rutin melaksanakan Bazar Emas di Kota Palu, tiap bulan BUMN tersebut melaksanakan Bazar Emas. Terbaru Pegadaian melaksanakannya selama tiga hari (13-15 Juli 2017).

Rencananya, dalam waktu dekat Pegadaian akan kembali mengadakan iven serupa. Selain memberikan kesempatan untuk membeli emas perhiasan dengan harga jauh lebih murah, Pegadaian juga memberikan edukasi terkait emas ke masyarakat pada Bazar Emas tersebut.

“Emas dan perhiasan ini bisa dibeli lebih murah. Cukup membayar harga emasnya saja, tidak dengan upah. Selain bisa beli tunai, bisa beli kredit,” ujar Arief Wibowo.

Dia pun menyampaikan bahwa persepsi sebagian masyarakat selama ini ada yang salah terkait emas perhiasan.

“Edukasi tentang emas 2/2 dengan emas 2/3 ada yang salah, emas yang bagus kadar 95 dan yang paling bagus 24 karat (emas batangan). Kadar emas itu mulai dari 16 karat sampai 24 karat, kalau 24 karat untuk perhiasan belum bisa karena gampang patah,” ungkap Arief.

Ditambahkannya, Sebenarnya emas-emas yang ditawarkan di bazar juga dijual pada masing-masing cabang dengan harga yang sama. Namun di bazar, emas yang ditawarkan jauh lebih banyak sehingga masyarakat bisa memilih sesuai selera.

Sejumlah perhiasan yang dijual di bazar pegadaian antara lain cincin, anting, giwang, kalung sampai logam mulia batangan.

Selain lebih murah, emas yang dijual di Pegadaian juga terjamin kualitas, kadar dan keasliannya. Emas yang dijual berasal dari cabang-cabang pegadaian yang ada di kota palu.

“Bazar ini dilakukan dua kali setiap bulan, ada beberapa cabang yang ikut serta, perhiasan yang dijual tergantung cabang. Adapula emas batangan,” jelas Arief Wibowo.

Dia juga menyebut harga emas di Pegadaian jauh lebih murah karena dijual berdasarkan berat dan kadar emasnya saja.

Sementara itu, rencananya Pegadaian akan kembali menggelar Bazar Emas pada 28-30 Juli 2017 mendatang di tempat yang sama.


Editor : Tahmil Burhanudin

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.