Thursday, 21 June, 2018 - 10:42

Enam Desa Kategori Rentan Pangan di Tolitoli

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Ada enam desa di Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah ditetapkan sebagai desa rentan pangan tahun 2018, sehingga diperlukan intervensi agar tidak mengarah ke kategori rawan pangan.

Enam desa rentan pangan adalah Desa Kabinuang Kecamatan Dampal Selatan, Desa Pangi, Desa Tambun, Desa Buntuna dan Lutungan di kecamatan Baolan, serta desa Lampasio di kecamatan Lampasio.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Tolitoli Mohammad Akbar Syah mengatakan, banyak faktor yang menjadi indikator yang menjadi tolak ukur suatu daerah dikategorikan sebagai daerah rentan bahkan rawan pangan. Kondisi itu tidak hanya dilihat dari satu sudut pandang semata seperti pertanian, kesehatan hingga tingkat pendidikan.

"Di tahun 2018, jumlah bantuan tahap pertama yang dikucurkan bagi enam desa berkategori rentan pangan di Tolitoli sebesar Rp300 juta, terbagi kedalam enam kelompok pada enam desa di kecamatan Baolan maupun Lampasio. Namun tahap kedua jumlahnya menurun menjadi 15 juta rupiah perkelompok," ungkap Akbar Syah Senin 23 April 2018.

Akbar Syag berharap bantuan yang dikucurkan kepada kelompok di daerah rentan pangan dimanfaatkan secara maksimal bagi peningkatan status dari rentan menjadi desa mandiri pangan tahun 2018.