Wednesday, 19 September, 2018 - 00:06

Gangguan Lambung, Habib Saggaf Dirujuk ke Jakarta

SEMOGA CEPAT SEMBUH - Ketua Utama Pengurus Besar Alkhairaat Habib Saggaf Aljufri saat menghadiri acara haul Habib Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua) yang digelar di kompleks perguruan Alkhairaat Jalan Sis Adjufri, tahun lalu. (Foto : Dok Metrosulawesi/ Eddy)

Palu, Metrosulawesi.com - Ketua Utama Pengurus Besar Alkhairaat Habib Saggaf bin Muhammad Al-Jufri dirujuk ke salah satu rumah sakit di Jakarta, Selasa pagi, setelah dua hari sebelumnya dirawat di RS Alkhairaat karena menderita asam lambung.

"Tadi pagi sekitar jam sembilan dirujuk ke Jakarta," kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Alkhairaat, Ridwan Yalidjama di Palu, Selasa 9 Januari 2018.

Cucu pendiri Alkhairaat Habib Idrus bin Salim Aljufri itu, kata Ridwan, sudah dua hari terakhir dirawat di rumah sakit Alkhairaat karena mengalami gangguan lambung.

"Begitu keterangan Direktur Rumah Sakit Alkhairaat, katanya asam lambung," kata Ridwan.

Habib Saggaf diberangkatkan ke Jakarta menggunakan pesawat regular sekitar pukul 09.45 Wita. Habib diberangkatkan dengan pesawat Lion Air JT.723 didampingi Direktur RS Alhairaat dr Syahrir.

Ikut mengantar ke bandara Mutiara Sis Aljufri sejumlah keluarga besar Alkhairaat dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate.

Ridwan mengatakan kiranya keluarga besar Alkhairaat dimana saja ikut mendoakan Habib Saggaf agar segera sembuh dan pulih kembali seperti sedia kala sehingga bisa kembali beraktivitas sebagai ulama besar yang menjadi panutan masyarakat khususnya di Sulawesi Tengah.

Habib Saggaf, namanya dikenal luas di kalangan ulama maupun umara. Habib sepuh yang kini menginjak umur 80 tahun itu, merupakan salah satu habib yang dihormati di kalangan umat maupun masyarakat. Tak sungkan-sungkan mantan Menteri Agama Suryadharma Ali mendiskusikan soal aliran Islam Sunni dan Syiah ketika muncul terkait maraknya pertentangan Islam Sunni-Syiah pascaperistiwa bentrok yang menewaskan seorang warga di Sampang, Madura, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Begitu juga ketika berkunjungan ke Palu, mantan Ketua Mahkamh Konstitusi RI DR Hamdan Zoelva SH MH didampingi Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah Sahran Raden SAg SH MH melakukan kunjungan silahrutahmi kepada Habib Saggaf Aldjufri di kediamannya Jl. SIS Aljufri Lorong 1 Palu. Hamdan Zoelva perlu memperkenalkan diri serta mohon doa restu dalam memimpin lembaga peradilan sengketa undang-undang ini.

Habib Saggaf tidak saja dihormati di kalangan umat Islam, tetapi juga disegani di kalangan non-Muslim. Dia mengajak kepada umat Kristiani untuk menjaga kerukunan beragama. (ant/bs)

Berita Terkait