Thursday, 20 September, 2018 - 07:02

Gubernur: Kualitas Pendidikan Tanggungjawab Bersama

GEBYAR PENDIDIKAN - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat meninjau pameran buku murah Gebyar Pendidikan dalam rangka menyambut Hardiknas 2018, Sabtu, 21 April. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Gubernur Sulteng melalui Sekretaris Daerah Mohamad Hidayat mengatakan peningkatan kualitas  pendidikan menjadi tanggungjawab bersama semua elemen masyarakat yang ada di Sulawesi Tengah.

“Keterlibatan guru memang tidak dapat dipungkiri mendapat porsi yang besar, tapi tidak boleh dikesampingkan bahwa suksesnya pendidikan anak juga bergantung dari lingkungan keluarga dan masyarakatnya. Anak yang hidup dalam keluarga harmonis dan bergaul ditengah-tengah masyarakat terdidik memiliki peluang yang lebih besar untuk bertumbuhkembang menjadi generasi penerus yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, dan terampil serta berprestasi,” ujar Hidayat di Gebyar Pendidikan dalam rangka menyambut Hardiknas 2018, Sabtu, 21 April 2018.

Kata dia, Gebyar Pendidikan yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia merupakan instrumen penting dalam mewadahi peserta didik untuk menyalurkan bakat serta kreatifitasnya. Menurutnya tidak kalah penting semua yang terlibat didalamnya dapat memaknai hari pendidikan dalam koridor kesederhanaan.

Hal lain yang menjadi perhatian gubernur yakni momentum Hardiknas wajib dipahami esensi dan spiritnya agar tidak hanya menjadi rutinitas seremonial belaka. Dengan begitu pada akhirnya Gebyar Pendidikan dapat mendidik pula pikiran, hati dan perbuatan.

“Adalah Ki Hajar Dewantara pahlawan nasional Indonesia, salah satu tokoh pendidikan pada masa penjajahan silam yang memperjuangkan pendidikan kaum pribumi. Dimana dahulu pendidikan hanya dapat dinikmati oleh kalangan terbatas, kaum penjajah dan kroninya,” tutur Hidayat.

Melalui Gebyar Pendidikan yang akan berlangsung hingga 27 April, berbagai kegiatan digelar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulteng. Kepala Disdikbud Irwan Lahace menuturkan tujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan dan wawasan kebangsaan yang terus berkembang.

“Kegiatan juga untuk mengapresiasi bakat dan minat sekaligus menggali potensi insan pendidikan,” tutur Irwan.

Adapun beberapa kegiatan yang digelar diantaranya pameran bazar buku murah, lomba literasi, pentas seni, penampilan musik tradisional, pemutaran film bertema pendidikan dan kegiatan sosial donor darah. 


Editor: M Yusuf Bj