Wednesday, 19 September, 2018 - 00:07

Gubernur Usul Plt Dua Bupati, Berharap Minggu Ini SK-nya Turun

“Mudah-mudahan minggu ini sudah turun SK (surat keputusan) Plt Bupati Donggala dan Plt Bupati Parimo” - H LONGKI DJANGGOLA, Gubernur Sulteng -

Palu, Metrosulawesi.com - Tiga kabupaten di Sulawesi Tengah akan menggelar pilkada serentak 2018. Untuk mengisi kekosongan pemimpin, karena bupatinya ikut pilkada, ketiga daerah itu nantinya akan dipimpin oleh Plt (pelaksana tugas harian), yang ditunjuk oleh Kemendagri.

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengungkapkan, pihaknya sudah mengusulkan nama yang akan menjabat sebagai Plt di dua kabupaten—Donggala dan Parigi Moutong (Parimo).

“Mudah-mudahan minggu ini sudah turun SK (surat keputusan) Plt Bupati Donggala dan Plt Bupati Parimo,” ungkap Longki, Senin, 5 Februari 2018.

Meski SK tersebut sudah akan keluar, Longki enggan membeberkan nama Plt bupati di dua kabupaten itu. 

“Nanti aja yah bila SK-nya sudah datang, yang jelas setiap kabupaten diusul tiga nama,” ujarnya.

Selain Donggala dan Parimo, SK Plt bupati juga akan dikeluarkan untuk kabupaten Morowali yang juga peserta Pilkada serentak 2018. Namun untuk SK Plt Bupati Morowali keluar pada Mei mendatang menyesuaikan masa periode kepemimpinan bupati definif saat ini.

“Untuk Morowali nanti bulan Mei,” tandas Longki.

Seperti diketahui, Bupati Donggala, Kasman Lassa maju kembali sebagai calon bupati untuk periode 2018-2023 berpasangan dengan Moh Yamin. Selain pasangan Kasman-Yamin, di kabupaten ini terdapat enam pasangan lainnya yang akan memperebutkan kursi 01 Donggala, yaitu Vera Elena Laruni yang saat ini sebagai Wakil Bupati Donggala definitif.

Vera dalam bursa kandidat Bupati Donggala berpasangan dengan Taufik M Burhan. Pasangan lainnya drg Anita B Nurdin-Abdul Rahman, Idham Pagaluma-M Yasin Lataka, Dr Suandi-Abdurrahman Kasim, Burhanuddin Yado-Endah Wahyuningasih dan pasangan Tema M-Rusli Zamzami Said.

Sementara untuk Bupati Parimo definitif yakni Samsurizal Tombolotutu, mencalonkan diri kembali bersama wakilnya saat ini Badrun Nggai. Keduanya diusung koalisi Gerindra, PKS, PPP, PAN, PBB dan PDIP.

Di Parimo terdapat tiga pasangan calon bupati lainnya yaitu Erwin Burase-Rahmawati M Nur, Amrullah Kasim Almahdalie-Yufni Bungkundapu dan pasangan Anwar Saing-Nasruddin.

Sedangkan untuk Bupati Morowali, saat ini tidak bisa lagi mencalonkan diri karena telah dua periode menjabat di kabupaten yang terkenal dengan potensi pertambangannya itu. 


Editor: Udin Salim