Monday, 20 August, 2018 - 12:58

Hari Kartini, Dinsos Tolitoli Salurkan Bantuan Kursi Roda

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Peringatan Hari Kartini ke-139 di Kabupaten Tolitoli tahun 2018 diwarnai dengan penyerahan bantuan kursi roda kepada penyandang  disabilitas di Gedung Wanita Lobong Boki, Tolitoli, Sabtu 21 April 2018.

Bantuan dari Dinas Sosial tersebut diserahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli didampingi Kepala Dinas Sosial, Wakil Ketua GOW dan ketua panitia peringatan Hari Kartini.

Peringatan Hari Kartini ke-139 di Kabupaten Tolitoli tahun 2018 bertemakan “Dengan Semangat Hari Kartini yang Ke 139 Kita Tingkatkan Kreativitas Perempuan Dalam Membina Generasi Muda Yang Tangguh dan Bebas Narkoba”.

Panitia penyelenggara, Ny Hj Ninis Mansyur, SE mengatakan  tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah memupuk rasa persatuan dan kesatuan sesama kaum perempuan dan untuk memperjuangkan emansipasi wanita, serta dapat meningkatkan pembinaan pendidikan dan kesejahteraan melalui gerakan organisasi kewanitaan di  Kabupaten Tolitoli.

Sementara itu Bupati Tolitoli dalam sambutannya mengatakan, bahwa pada pada hari ini, kita patut mengenang kembali seorang sosok pejuang perempuan yakni R.A Kartini. Tentunya acara tersebut  dilakukan untuk mengenang perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan diberbagai bidang, salah satunya adalah hak dalam bidang pendidikan.

“Perjuangan beliau tidaklah sia-sia.  Sekarang kaum perempuan Indonesia sudah merasakan perjuangan beliau di masa lalu. Kita patut bersyukur pada Allah SWT dan berterima kasih kepada ibu kita Kartini atas perjuangannya. Melalui tema peringatan hari Kartini ke-139 tahun 2018 yakni “Dengan Semangat Hari Kartini yang Ke 139 Kita Tingkatkan Kreatifitas Perempuan dalam Membina Generasi Muda Yang Tangguh dan Bebas Narkoba,” kata Bupati Tolitoli dalam sambutannya.

Tema yang diangkat tersebut mengandung makna bahwa seluruh wanita Indonesia khususnya wanita di Kabupaten Tolitoli harus berperan aktif dalam membina para generasi muda menapaki kehidupan kearah yang lebih baik.

“Perlu kita sadari bahwa perjuangan cita-cita R.A Kartini belum sepenuhnya berhasil, masih banyak wanita-wanita Indonesia yang perlu kita perjuangkan nasibnya. Masih banyak yang membutuhkan uluran tangan kita. Untuk itu melalui dinas terkait saya menghimbau marilah kita tingkatkan partisipasi dan kepedulian kita kepada wanita-wanita di daerah kita. Terutama dibidang pendidikan dan kesehatan sehingga terbentuk keluarga yang sehat, ekonomi yang kuat dan perempuan bermartabat, demi Tolitoli yang sejahtera berkarakter aktif adil dan religius,” ungkapnya.

 

Editor: Syamsu Rizal