Wednesday, 25 April, 2018 - 01:58

Kadis Diminta Atasi Irigasi Sambo yang Meluap

MELUAP - Anggota DPRD Sigi Rudi Asiko SPd saat memantau saluran irigasi persawahan di Desa Sambo Kecamatan Dolo Selatan yang sering meluap ke badan jalan. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.com - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, diminta turun lapangan menangani saluran irigasi persawahan sering meluap di Desa Sambo Kecamatan Dolo Selatan.

Anggota Komisi II DPRD Sigi, Rudi Asiko SPd, kepada Metrosulawesi, mengatakan, berdasarkan hasil kegiatan reses 2018 di Desa Sambo Kecamatan Dolo Selatan belum lama ini, ia mendengarkan secara langsung keluhan warga setempat terkait permasalahan sistem saluran irigasi sering meluap di sana.

Kata Rudi sapaanya, wilayah Sambo notabene sebagai basis pertanian yang memiliki sekitar 300 hektar lahan persawahan. Akan tetapi memiliki persoalan sistem irigasi air sering meluap. Sehingga saluran irigasi yang dibangun Pemda Sigi sedalam 80 centimeter, kini kondisi pondasi air saat ini sedang meluap.

“Intinya warga di sana (Sambo) meminta Pemda Sigi dalam hal ini Dinas Pertanian segera menormalisasikan saluran irigasi supaya tidak meluap hingga ke badan jalan. Sehingga dengan demikian sawah warga tetap berproduksi dengan baik 2018 ini,” ungkap legislator dari Dapil Dolo, Dolo Barat dan Dolo Selatan itu.

Sekretaris Partai Nasdem Sigi ini menambahkan, sesuai dengan visi misi Bupati Sigi yang menginginkan ekonomi kerakyatan semakin meningkat maka OPD terkait harus mengatasi segera saluran irigasi ini. Sehingga saluran irigasi yang tidak bisa menampung debit air terlalu besar diatasi kembali dengan melakukan normalisasi.

“Jadi saluran irigasi yang meluap, saya kira belum terlambat segera diperbaiki mumpung sekarang belum datang musim hujan. Jika musim hujan segera datang, maka yakin saja sawah warga pasti mengalami kebanjiran dan pada akhirnya mempengaruhi produktivitas serta gagal panen,” terangnya.

Menurutnya, solusi untuk mengatasi debit air semakin besar alias meluap pada saluran irigasi persawahan Sambo, yaitu Dinas Pertanian segera mendatangkan alat berat melakukan pengerukan pada saluran irigasi Sambo tersebut. Karena sepengetahauan DPRD Sigi, OPD terkait memiliki beberapa unit semi alat berat berukuran mini yang stand by di OPD tersebut.

“Saya berharap Kadis Pertanian bisa turun langsung ke lokasi (Sambo) sebelum datang musim hujan. Ini merupakan aspirasi langsung dari petani di sana dan diminta untuk ditangani dengan cepat,” pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal