Thursday, 18 January, 2018 - 09:37

Kajari Matra Ingatkan Kades Hati-Hati Kelola Dana Desa

BAHAS DANA DESA - Rapat rapat evaluasi penggunaan dana desa serta alokasi dana desa tahun 2016 juga  persiapan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2017, digelar di ruang pola kantor bupati tersebut dihadiri oleh Sekda Matra. (Foto : Ist)

Pasangkayu, Metrosulawesi.com - Kepala Kejaksaan Negeri Mamuju Utara Imanuel Rudy Pailang saat menjadi pemateri dalam kegiatan rapat evaluasi dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2016, serta persiapan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2017 yang diselenggarakan oleh badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa diruang pola kantor bupati matra mengingatkan, Kepala desa agar berhati-hati mengelola anggaran.

Dalam kesempatan tersebut, Kejari Matra, Imanuel Rudy Pailang mengingatkan seluruh kepala desa dan BPD se-kabupaten mamuju utara, agar penyaluran dan pemanfaatan dana desa dapat terkelola dengan baik tanpa berbenturan dengan masalah hukum.

Selain itu, kegiatan BPMPD matra bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para kepala desa tentang tatacara pengelolaan keuangan desa dengan baik sehingga pembangunan di desa dapat berjalan dengan maksimal dan berkesinambungan.

Menurut Imanuel Rudy Pailang, dana desa sangat rentan disalah gunakan, sehingga perlu pengawasan bersama agar pemanfaatan dana desa tidak meleset.

"Kami (Kejari Matra) sangat mendukung para kepala desa dalam mengelola anggaran sendiri. Namun demikian, kepala desa juga harus hati-hati dalam mempergunakan atau memanfaatkan dana desa, sebab jika terjadi kesalahan administrasi pengelolaan keuangan desa dapat berpotensi menimbulkan korupsi," tegas kejari Matra.

Lanjut Dia-red, Kejaksaaan dan aparat penegak hukum lainnya berkewajiban memberikan penyuluhan pemahaman hukum tentang tata cara pengelolaan keuangan desa (alokasi dana desa dan dana desa )yang baik dan bagaimana cara menghindari rambu-rambu pelanggaran hukum karena sangat rawan terjadi penyimpangan Untuk itu kami mengedepankan sisi pencegahan daripada penindakan.

Untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan penyalah gunaan dana desa, kami akan membuat suatu kegiatan dan  memanggil seluruh kepala desa sematra dan kembali memberikan penyuluhan pemahaman hukum utamanya dalam mengelola alokasi dana desa dan dana desa sehingga penggunaannya dapat berjalan optimal dalam membangun desa sesuai dengan harapan pemerintah," tutup kajari Matra.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.