Thursday, 16 August, 2018 - 22:53

Kelola ADD Sendiri, Warga Desa Tambale Protes Kades

ILUSTRASI - Alokasi Dana Desa. (Foto : Google)

Kolonodale, Metrosulawesi.com – Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun anggaran 2015 di Desa Tambale, Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morowali Utara menuai sorotan masyarakat setempat. Pasalnya, Kepala Desa Tambale, Abdul Muin Timumun dalam mengelola ADD melakukan kebijakan sendiri tanpa melalui rapat desa.

Beberapa tokoh masyarakat Desa Tambale, kepada Metrosulawesi mengungkapkan, kebijakan kepala desa itu berupa langsung membangun pagar masjid dan pagar pura. Sementara Ketua Panitia pembangunan masjid Desa Tambale mengaku, tidak tau adanya pembangunan pagar masjid tersebut dan berapa pagu anggaran pagar itu.

Akibat tindakan Kades yang dipertanyakan warga setempat, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tambale menyurati Kades untuk melakukan rapat, namun kades menolak dengan alasan tidak jelas.

Warga desa mendesak Kades Abdul Muin Timumun untuk transparan terhadap masyarakat, terkait tentang penggunaan dana ADD tersebut.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Desa Tambale, Awaludin yang ditemui Metro Sulawesi baru-baru ini mengaku, tidak pernah dihubungi tentang adanya pembangunan pagar masjid, dan tidak pernah dilibatkan dalam rapat. 

Sehingga masyarakat meminta kepada pihak DPRD kabupaten Morowali Utara, secara khusus Komisi I yang membidangi Hukum dan Pemerintahan agar menindak lanjuti permasalahan yang terjadi di desa tersebut, dimana kepala desa mau mengelola sendiri dana ADD tersebut.

 

Editor : Subandi Arya