Sunday, 23 September, 2018 - 22:39

Kelurahan Kamonji Langsung “Perang Sampah” Usai Lebaran

PENGANGKUTAN SAMPAH - Lurah Kamonji, Ahlul Fitra saat mengawasi pengangkutan sampah di wilayahnya. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Menindaklanjuti desakkan warga terkait sampah yang tertumpuk usai Lebaran, Lurah Kamonji, Ahlul Fitra langsung turun mengecek keberadaan sampah pada Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di wilayahnya. Melihat sampah yang sangat tertumpuk hingga meluap ke jalan, Lurah Ahlul Fitra langsung menghubunggi Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Palu.

“Alhamdulillah telah diangkut oleh petugas kebersihan, dan saat ini telah bersih, karena baru kemarin diangkut, lima hari setelah pasca lebaran,” kata Ahlul saat dihubungi Metrosulawesi melalui ponselnya, Rabu, 20 Juni 2018.

Kata Ahlul, dirinya tak bosan-bosan mengimbau kepada warga untuk membuang sampah sesuai waktunya, yakni pukul 18.00 sore hingga pukul 06.00 pagi. Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat membuang sampah di dalam kontainer, tidak terhambur di luar kontainer.

“Masih banyak masyarakat yang belum sadar membuang sampah di luar kontainer. Saya biasa mendapatkan warga yang menggunakan gerobak, langsung main buang sampah  sembarangan diluar kontainer. Olehnya itu, kami meminta kepada masyarakat agar menghargai kami sebagai pemerintah dalam menata wilayah ini agar bersih dan indah di pandang,” ujarnya.

Ahlul mengaku fokus utamanya adalah kebersihan, karena hal itu adalah program Walikota Palu dan Wakil Walikota Palu.

“Saya menilai masih banyak masyarakat yang belum sadar, olehnya itu saya tidak henti-hentinya mengimbau warga selalu mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah,” katanya.

Selain itu kata Ahlul, pihaknya juga sering mendapatkan warga kelurahan lain membuang sampah di wilayahnya.

“Saya tidak melarang warga lain membuang sampah di wilayah saya, namun saya minta membuang sampah harus sesuai waktu yang ditentukan, jangan membuang sampah bukan jam yang ditentukan, itukan menyalahi aturan,” tegasnya.

Kata Ahlul, setiap TPS di Kelurahan Kamonji telah di pasang spanduk tentang imbauan waktu pembuangan sampah.

“Bahkan warga Kamonji jarang saya dapat membuang sampah sembarangan, warga saya selalu tepat waktu membuang sampah di TPS, hanya warga dari kelurahan lain saya dapat membuang sampah sembarangan,” ujarnya.
 
Olehnya, kata Ahlul, sekitar 70 persen warganya telah sadar tentang kebersihan.

“Karena kami tiap hari mendatangi rumah warga, mengimbau untuk membuang sampah tepat waktu di TPS yang telah disediakan,” jelasnya.
 

Editor: M Yusuf Bj