Thursday, 20 September, 2018 - 07:06

Kolonel Inf Agus Sasmita Disambut Upacara Adat Kaili

Kolonel Inf Agus Subiyanto saat menyerahkan Guma kepada Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, dalam kegiatan Sambut Pisah, Komandan Korem 132/Tadulako, Minggu 19 Agustus 2018. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako kembali berganti, setelah upacara serah terima jabatan (Sertijab) di Makodam XIII/Merdeka beberapa waktu lalu, Minggu, 19 Agustus 2018, Kolonel Inf Agus Sasmita disambut dengan upacara adat Kaili. Prosesi sambut lepas pejabat Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako itu berlangsung di Makorem 132/Taduklako, Jalan Sam Ratulangi Palu.

Kolonel Inf Agus Sasmita yang menjabat sebagai Danrem baru diterima dengan penyambutan secara adat Kaili, sementara Kolonel Inf Agus Subiyanto bersama isteri dilepas dengan tradisi Pedang Pora oleh para perwira yang diikuti seluruh prajurit, aparatur sipil negara dan ibu-ibu Persit.

Prosesi sambut pisah tersebut diawali dengan pemasangan siga dan guma (topi dan pedang tradisional masyarakat adat Kaili), dari Kolonel Inf Agus Subiyanto selaku mantan Danrem kepada Kolonel Inf Kolonel Inf Agus Sasmita sebagai komandan yang baru. Penyerahan tersebut menandakan Kolonel Inf Agus Sasmita telah menjadi panglima perang Tadulako.

Pada kesempatan itu, Kolonel Inf Agus Subiyanto yang telah dimutasi sebagai perwira menengah di Mabes TNI AD menyerahkan mandat dari para leluhur kepada Kolonel Agus Sasmita untuk melanjutkan tugas sebagai Panglima Perang Tadulako guna melindungi, mengayomi serta menjaga seluruh keluarga besar Korem 132/tadulako dan masyarakat Sulawesi Tengah agar terhindar dari segala marabahaya.

Acara tradisi ini dilanjutkan dengan pengalungan bunga dan penyerahan bunga tangan kepada Kolonel Agus Sasmita dan isteri, dan di sambut dengan tarian selamat datang.

Di hadapan seluruh prajurit dan ASN, Kolonel Inf Agus Subiyanto yang didampingi Danrem Agus Sasmita mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit, ASN beserta keluarga yang selama ini telah melaksanakan tugas dengan baik selama kepemimpinanya.

Dirinya bahkan mengakui bahwa belum berbuat banyak untuk Korem 132/Tadulako dalam mengembangkan tugasnya sebagai Danrem. Namun dirinya berharap agar kedatangan Danrem baru menjadi salah satu bentuk semangat baru, untuk tetap menjadi prajurit yang amanah mengembangkan tugas negara.

“Saya akan bertugas di tempat yang baru sebagai Pamen Markas Besar TNI,” katanya.

Danrem 132/Tadulako yang baru, Kolonel Inf Agus Sasmita mengatakan bahwa amanah yang disampaikan dari Mabes TNI dalam mengemban tugas di Korem 132/Tadulako adalah membantu pemerintah daerah dalam pembangunan yang ada disetiap wilayah Sulteng.

“Umumnya dapat membantu masyarakat dan dapat mendukung tugas-tugas pemerintah daerah. Pada dasarnya kita selalu bekerjsama dengan pemerintah daerah untuk selalu meningkatkan pembangunan. Dan saya hanya melanjutkan tugas apa yang sebelumnya sudah dikerjakan oleh Danrem lama, karena tugas Korem sudah melekat,” ungkapnya.

Sementara itu, sebagai Komandan Korem baru, Kolonel Inf Agus Sasmita meminta agar seluruh prajurit TNI yang ada di jajaran Korem 132 Tadulako dapat bekerjsama dengan baik.

“Kerjsama yang baik akan melahirkan prestasi yang lebih baik,” katanya.

“Kita tentunya harus bekerjsama dengan baik, ini diperuntukan bagi seluruh prajurit jajaran Korem 132 Tadulako,” ucapnya.


Editor: M Yusuf Bj