Friday, 20 July, 2018 - 04:43

Kuota Mahasiswa Baru Untad Terbesar Kedua

Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio, SE MS. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Rektor Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS mengungkapkan kuota penerimaan mahasiswa baru Universitas Tadulako (Untad) secara nasional terbesar kedua setelah Universitas Brawijaya.

“Panitia menetapkan kuota mahasiswa baru Untad 9.994 orang kalau tidak salah, terbesar kedua setelah Universitas Brawijaya,” ungkap Prof Basir di Palu belum lama ini.

Diketahui Universitas Brawijaya tahun ini akan menerima mahasiswa baru sekitar 11.000 orang. Panitia pusat saat mengumumkan kuota tersebut kata Prof Basir mengejutkan kampus-kampus lain.

“Waktu diumumkan Rektor-rektor terkejut karena anggapan mereka Untad universitas kecil tapi kok kuotanya sangat besar,” ucapnya.

Oleh karena itu Prof Basir mengajak jajarannya agar menyambut kedatangan para mahasiswa baru yang akan menjadi keluarga besar Universitas Tadulako. Proses penerimaan mahasiswa baru Untad sendiri tinggal jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Adapun dua jalur sebelumnya yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dilaksanakan.

Jalur SNMPTN dan SBMPTN Untad menyediakan kuota sebanyak 6.336 orang, sementara sisa kuota yang ada diperuntukkan jalur SMMPTN. Pendaftar SNMPTN Untad saat itu sebanyak 6.810 orang, namun yang lolos hanya 2.374 orang. Itu artinya ada 4.436 orang yang belum beruntung melalui jalur SNMPTN.

Sementara pendaftar SBMPTN Untad tercatat sebanyak 9.994 orang yang pengumuman kelulusannya akan dilaksanakan pada 3 Juli mendatang. Persaingan SBMPTN Untad cukup ketat mengingat kuota yang disediakan dijalur ini hanya 3.962 kursi. Itu artinya dari 9.994 orang pendaftar, akan ada 6.032 orang yang harus mencoba jalur lain untuk melanjutkan pendidikan di Untad.

“Insya Allah, tanggal 3 Juli akan diumumkan hasil SBMPTN Untad,” tandas Prof Basir.


Editor: M Yusuf Bj