Thursday, 21 June, 2018 - 10:46

Layani Pasien di Darat dan Pulau, Dinkes Touna Siapkan Public Call Center 119

Javanet Alfari. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Ampana, Metrosulawesi.com - Guna memberikan pelayanan kesehatan yang cepat kepada masyarakat saat kondisi darurat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tojo Una-Una, bakal mendirikan layanan Public Safety Center 119 (PSC 119). Layanan call center tersebut merupakan bentuk program layanan yang terbentuk dalam Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

Kepala Dinas Kesehatan Tojo Una-Una Javanet mengatakan, dibentuknya layanan cal center 119 tersebut bertujuan agar memudahkan masyarakat dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan. Khususnya bagi masyarakat atau pasien gawat darurat sebelum dilarikan ke rumah sakit.

"Layanan call center 119 ini nantinya tidak hanya untuk wilayah daratan di Touna. Tapi juga wilayah kepulauan. Makanya untuk layanan di kepulauan ini kita akan siapkan spead khusus 119 untuk layanan antar pulau," urai Javanet kepada Metrosulawesi, disela-sela memantau kegiatan sunatan massal yang digelar Dinas Kesehatan di Pulau Batukada, belum lama ini.

Adapun secara teknis pelaksanannya, sambung Javanet, masih akan dibahas oleh tim yang dibentuk. Namun, lebih jauh dijelaskan, program layanan cal center 119 tersebut masih akan diusulkan dalam anggaran perubahan tahun 2018 ini.

"Karena itu masih banyak hal yang harus dipersiapkan dalam membuat program tersebut. Diantaranya, yakni membuat payung hukum dan regulasi, lokasi, SDM, sarpras untuk call center, SOP, jejaring, sarana telekomunikasi dan informasi serta anggaran," urainya.

Javanet menambahkan, layanan cal center 119 ini merupakan bagian dari program pemerintahan bupati/wakil bupati Touna Muhammad Lahay-Admin Lasimpala, dalam peningkatan layanan kesehatan, terutama dalam   menekan angka kamatian anak dan ibu hamil.

Berita Terkait