Tuesday, 26 September, 2017 - 12:30

Masa Kalah sama Mobil?

Check-Up Kesehatan itu Penting

Tanpa disadari, seringkali kita lebih memperhatikan kesehatan kendaraan kita dibanding kesehatan diri kita sendiri. Bayangkan, setidaknya 3 bulan sekali kita melakukan Check-Up kendaraan, namun sudahkah kita melakukan check-up kesehatan diri yang hanya setahun sekali? 

Tidak merasa sakit atau merasa sehat-sehat saja, usia yang sangat muda, tak ada waktu, biaya mahal, takut menemukan penyakit yang tidak diketahui adalah alasan umum usia  > 18-35 tahun seperti kita lalai dan merasa tidak perlu melakukan Medical Check Up. Padahal tidak sakit belum tentu sehat lho… 

Coba diingat, kapan terakhir kalinya anda melakukan medical check-up atau pemeriksaan kesehatan? Mungkin lebih mudah mengingat kapan terakhir kalinya motor atau mobil kamu diservice, kan? 

Untuk memastikan kinerja mesin, kendaraan biasanya dicek dan diservice, bisa sekali tiga bulan atau paling parah dalam setahun. Jika ada yang rusak, atau spare part dapat dengan mudah diganti. 

Bandingkan dengan tubuh kita. Jika nggak sakit, sekali dalam 2-5 tahun pun belum tentu dicek dan diservice. Padahal spare part tubuh kita tidak ada, dan hanya satu-satunya yang ada saat ini. Jika ada organ yang rusak atau fungsinya terganggu, tak akan bisa diganti (kecuali dengan transplantasi, yang tentunya bukan hal yang mudah dan murah). Dengan kondisi ini, bukankah tubuh kita jauh lebih penting dan layak mendapat cek dan service berkala? 

Apa pentingnya Melakukan Check-Up? Panel check-up adalah pemerikaan minimal dan lengkap yang harus dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kelainan atau penyakit. 

Dengan melakukan panel check-up berarti: 

• Penyakit dengan gejala yang sering tidak tampak, seperti hipertensi, dibetes mellitus, kelainan lemak, penyakit darah  (seperti anemia), penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit paru dapat dideteksi secara langsung. 

• Berkembangnya penyakit dan komplikasi dapat dicegah dan ditunda, karrna penyakit diketahui ditahap awal. 

• Pengobatan dapat dilakukan segera, dan biayanya dapat dihemat. 

• Usia roduktif lebih panjang karena kesehatan terjaga. 

Saat tubuh sehat, pikiran lebih tenang, dan tidak ada hambatan secara fisik dalam mengejar cita-cita, karir dan impian. 

Jadwalkan General Medical Check-up kamu mulai sekarang. 

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi laboratorium klinik Prodia, Jl. S. Parman No. 16, Palu (0451-451639 atau 082291672222). (Adv)

 

 

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.