Monday, 20 August, 2018 - 13:10

Membangun Generasi Milinea jadi Tema TMMD di Poso

Upacara pembukaan TMMD di Desa Doda, Poso. (Foto: Dok Satgas TMMD)

Poso, Metrosulawesi.com - Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Salahsatunya adalah akses informasi yang begitu cepat tidak membuat TNI ketinggalan zaman. Justru kondisi zaman yang canggih ini membuat TNI semakin profesional tanpa menghilangkan identitas kemanunggalangan TNI terhadap rakyat yang telah ada sejak TNI lahir. Oleh karena itulah "Manunggal membangun karakter generasi milenial" dijadikan tema Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 102 tahun 2018 Kodim 1307/Poso, yang dipusatkan di Desa Doda, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Pengamat sosial yang juga Dosen Universitas Sintuwu Maroso Poso Suwardi Pantih, Sos, MSi mengatakan, tema yang diambil TNI dalam TMMD tersebut sangat sejalan dengan kondisi zaman saat ini, dimana generasi milineal mulai lahir dari anak-anak bangsa. Jika, anak-anak bangsa yang lahir di era milineal ini tidak dirangkul oleh TNI. Maka, jiwa nasionalisme mereka dapat luntur.

"Inilah bentuk bahwa TNI kita memiliki pemikiran yang jauh lebih maju. Terutama dalam melihat realitas zaman yang terus berubah yang tentunya nasib bangsa ini akan ditentukan oleh generasi anak bangsa yang hidup di era milineal ini," ujar Suwardi saat berbincang dengan wartawan di Poso, Rabu 18 Juli 2018.

Dia memberi apresiasi kepada Satgas TMMD di Poso yang masuk ke desa terpencil di Poso dengan membawa tema tersebut. Sebab, kehadiran TMMD pastinya dapat memberi semangat baru bagi masyarakat setempat sehingga dapat melahirkan generasi milineal yang cinta NKRI.
 
Seperti diketahui, pembukaan TMMD yang berlangsung pada Senin 10 Juli 2018 bertempat di Lapangan Desa Doda itu dihadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir. T Samsuri M. Si,  dihadiri  Anggota DPRD provinsi Sulteng Wiwit Kurniawati, Anggota DPRD Kabupaten Poso Yus Ama, Kasrem 132 Tadulako Letkol Inf Sampang Sihotang, Dandim 1307/Poso Letkol Inf Dody Triyo Hadi, Kepala Dinas PMD Provinsi Sulteng, sejumlah kepala OPD Pemda Poso, serta masyarakat Kecamatan Lore Tengah.
 
Dalam upacara pembukaan TMMD itu, Wabup Poso Ir. T Samsuri mengajak kepada seluruh komponen masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah desa agar dapat mendukung kegiatan TMMD ini guna mewujudkan pembagunan di daerah yang kita cintai ini.