Thursday, 16 August, 2018 - 23:00

Nasdem: Mudik Gratis tanpa Biaya APBN/APBD

SOPIR BUS WANITA - Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem, Ahmad M Ali bersama istri, Nilam Sari Lawira, menyapa seorang wanita, salah satu pengemudi bus, yang mengangkut penumpang Mudik Gratis Partai NasDem. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Komandan Pemenangan Wilayah (Kompemwil) Partai Nasdem Sulawesi Tengah Ahmad M Ali melepas peserta mudik gratis partai Nasdem Sulteng, didampingi jajaran pengurus Partai penggagas Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia itu.

Pelepasan peserta mudik gratis itu dilaksanakan di lokasi penggaraman pantai talise, Kota Palu, yang sejak pukul 14.00 Wita, Senin 11 Juni 2018, sudah terlihat seribuan masyarakat yang akan berangkat mudik gratis partai NasDem Sulteng, hingga lokasi tersebut terlihat bagaikan terminal pemberangkatan.

Bendara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Ahmad M Ali, dalam sambutannya menyebutkan bahwa mudik gratis partai NasDem dibuat bukan karena mendekati pemilu.

"Ini adalah kegiatan tahunan partai NasDem sebagai wujud pengabdian pada masyarakat," tegasnya.

Ahmad M Ali menegaskan program mudik gratis partai tersebut untuk Provinsi Sulawesi Tengah anggarannya tidak bersumber dari APBN-APBD.

"Program mudik gratis ini semuanya dibiayai oleh dana Partai Nasdem Sulawesi Tengah," tegasnya.

"Kami memohon maaf karena tahun ini, kami hanya menyediakan 1.018 kursi. Kami upayakan tahun depan jumlahnyadapat memenuhi kebutuhan mudik masyarakat," sebut Ahmad Ali.

Ahmad M Ali mengatakan bahwa, partai Nasdem sangat berkepentingan agar kehadirannya sebagai partai politik bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dia berharap kegiatan serupa juga bisa dilaksanakan oleh partai politik lainnya.

Di akhir sambutan anggota DPR RI komisi VII itu berpesan untuk menjaga keselamatan selama perjalanan. Dia juga menitip salam kepada keluarga pemudik di kampung halaman.

Sementara itu, Mansur M Yahya, Ketua Panitia penyelenggara mudik gratis dalam laporannya menyebut, tahun ini antusias masyarakat mengikuti kegiatan ini cukup tinggi, jika dibanding tahun sebelumnya.

"Untuk tahun ini, pendaftaran mudik gratis telah kami tutup 5 hari sebelum hari pemberangkatan. Dari 1.018 seat yang kami siapkan semua terisi," urainya.

Tercatat, tujuan terbanyak adalah kabupaten Banggai dengan 285 orang pemudik. Selanjutnya kabupaten Morowali dengan 216 orang pemudik, kabupaten Tolitoli 143 orang dan kabupaten Tojo Unauna 104 orang. Sementara kabupaten lainnya rata-rata di bawah 100 orang pemudik.

Ancu, panggilan akrab Mansur M Yahya juga melaporkan, 1.018 orang diangkut dengan menggunakan 105 unit kendaraan yang berasal dari 20 Perusahaan Oto Bus (PO) di kota Palu.

Eddy, salah satu peserta mudik gratis asal Ampana mengaku berterima kasih pada partai Nasdem yang telah menyelenggarakan mudik gratis ini.

"Saya dan keluarga sangat bangga bisa terlibat dalam kegiatan ini. Saya berharap partai Nasdem tetap menyelenggarakan kegiatan ini. Tahun lalu, bersama keluarga saya juga ikut kegiatan yang sama," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Media dan Komunikasi Publik DPW Nasdem Sulteng Mohammad Hamdin mengemukakan  105 kendaraan mudik gratis Nasdem layak untuk digunakan.

Hamdin mengutarakan pihaknya telah melakukan kelayakan kendaraan yang di tumpangi 1.018 penumpang meliputi meliputi, pemeriksaan nomor mesin, nomor rangka, ban, rem dan kelengkapan lainnya.

"DPW Partai Nasdem Sulawesi Tengah pastikan 105 unit kendaraan yang digunakan mudik gratis partai  dalam keadaan baik atau layak pakai, untuk mudik ke 12 kabupaten se-Sulteng," kata Hamdin.


Editor: Udin Salim