Friday, 20 July, 2018 - 04:45

Parigi Sepakat Penanggulangan AIDS

Wabup Badrun Nggai saat memimpin rapat koordinasi penangulangan AIDS di Ruang Rapat Bupati Parimo (19/5/2017). (Foto : Zul/ Metrosulawesi)

Parigi, Metrosulawesi.com - Wakil Bupati Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Badrun Nggai,  menilai masalah HIV-AIDS sudah menjadi permasalahan global atau mendunia  dan dapat terjadi di semua kalangan, baik laki-laki yang mobilitas tinggi maupun pada ibu-ibu rumah tangga yang notabenenya hanya tinggal di rumah bahkan pada bayi yang tidak berdosa tidak dapat terhindar dari masalah tersebut. 

Wabup menandaskan hal itu ketika  memimpin rapat koordinasi penangulangan AIDS, di Ruang Rapat Bupati Parimo (19/05).

Wabub Parimo Badrun Nggai, selaku Ketua KPA Pemda Parimo mengingatkan untuk tidak  berhenti peduli terhadap HIV-AIDS. Sebab, menurutnya, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, KPA sejak  tahun 2016 sampai Mei 2017 untuk Parigi Moutong terdapat 94 kasus diantaranya HIV 42 kasus dan AIDS 52 kasus.

Disebutkan, dari gambaran kasus tersebut, mulai dari pusat sampai pada kabupaten, maka  diharapkan komitment pada semua pihak untuk berpartisipasi dalam penanggulangan masalah tersebut.

Dikatakan,  Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Parigi Moutong meluncurkan program dalam tiga kategori, yakni program pencegahan dengan focus utama adalah peningkatan dan perluasan upaya pencegahan melalui program pengembangan komunikasi, informasi dan edukasi melalui sarana media dan sosialisasi serta kampanye pencegahan HIV-AIDS.

Kedua,  program perawatan dan pengobatan dengan focus utama  adalah peningkatan kualitas hidup dan kesehatan orang terinfeksi HIV (odha) dan untuk pengendalian perkembangan virus HIV serta menahan perkembangan infeksi menjadi AIDS melalui sistem pelayanan kesehatan, dan program penguatan kelembagaan  dengan focus utama adalah meningkatkan kualitas SDM dalam pelaksanaan program yang didukung oleh sarana dan prasarana kerja KPA.


Editor : Masruhim Parukkai