Sunday, 19 November, 2017 - 12:23

Pemahaman Tungsura PPK Matra Dimantapkan

Suasana bimtek yang digelar oleh KPU Matra. (Foto : Joni/ Metrosulawesi)

Matra, Metrosulawesi.com - Pemahaman tentang tata cara pemungutan dan rekapitalisasi penghitungan suara (tungsura) para PPK se Matra, kembali dimantapkan. Melalui kegiatan bimbingan teknis (bimtek) yang digelar oleh KPU Matra, akhir pekan kemarin.

Kegiatan yang berlangsung di aula KPU Matra tersebut, dilakukan untuk memberikan penguatan kualitas kepada para PPK dalam rangka ,memaksimalkan serta menyukseskan pilgub Sulbar pada 15 Februari mendatang.

"Memberikan pemahaman kepada teman-teman PPK, agar mereka paham bagaimana mekanisme di TPS, tata cara pungut hitung dan bagaimana cara mengisi form model C, kemudian bagaimana tehnik rekapitulasi di kecamatan" terang Ketua KPU Matra Ishak Ibrahim, akhir pekan kemarin.

Kata dia, pemahaman tentang tungsura ini perlu dimantapkan, agar proses tungsura ditingkat kecamatan nanti, bisa berjalan aman dan lancar, serta para PPK bisa cekatan dalam menyelesaikan semua permasalahan teknis yang bisa saja timbul.

"PPK juga harus memantau kegiatan KPPS terutama pada lima hari sebelum hari pelaksanaan tungsura (H-5), apakah KPPS telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat tempat pemungutan suara (TPS) atau belum, serta memastikan undangan memilih bagi yang terdaftar di DPT apakah sudah sampai kepada yang bersangkutan atau belum," tambah Ishak.

Dalam Bimtek ini, selain menerima materi, para PPK juga mendapat simulasi tentang tata cara tungsura, dari para komisioner KPU Matra. Para PPK dilatih mengisi data pada form model C1,C2, dan model C plano.

"Data yang diisi ke model C yaitu, berapa yang terdaftar di DPT, berapa pemilih pindah, berapa pemilih yang menggunakan e-KTP. Para PPK harus paham semua itu dengan harapan, mereka bisa mengajarkan juga kepada KPPS nanti nya," pungkasnya.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.