Sunday, 19 November, 2017 - 14:56

Pemkab Donggala Didesak Evaluasi IUP

Mekanisme Izin Usaha Pertambangan (IUP). (Foto : Google)

Palu, Metrosulteng.com – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Tengah (Sulteng) mendesak Pemerintah Kabupaten Donggala mengevaluasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) seluruh perusahaan tambang di Kabupaten Donggala.

“Evaluasi IUP terhadap seluruh perusahaan tambang harus segera dilakukan Pemda Donggala. Kami perlukan pembuktian. Moratorium tambang yang dilakukan Pemda Donggala bisa menjadi salah satu pintu masuk untuk mengevaluasi IUP perusahaan tambang yang berdiri di Kabupaten Donggala,” jelas Divisi Advokasi dan Kampanye Walhi Sulteng, Aries Bira melalui ponselnya hari ini, Senin (25/8/2014).

Menurutnya, saat ini penerimaan sektor pertambangan Pemda Donggala kecil.

“Salah satu anggota DPRD Kabupaten Donggala menyebutkan beberapa waktu yang lalu kepada kami bahwa pengeluaran lebih besar sektor kesehatan dari pada pemasukan di sektor pertambangan. Ini sangat miris dengan melihat banyaknya perusahaan tambang yang berdiri di Kabupaten Donggala,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa Pemda Donggala harus lebih memperhatikan pemetaan daerah pertambangan.

“Tidak ada pemetaan terlebih dahulu, tiba-tiba ada perusahaan tambang berdiri. Harus jelas dulu mana wilayah yang boleh dilakukan pengelolaan tambang mana yang tidak,” ungkapnya.

 
Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.