Friday, 22 June, 2018 - 09:50

Pemkot Dukung Pelaksanaan AICIS

Walikota Palu, Hidayat M.Si saat diskusi ringan bersama Rektor IAIN Palu, Prof. DR. H. Sagaf Pettalongi, M.Pd beserta unsur Wakil Rektor (Warek) dan Dekan  di ruang kerja Camat Palu Selatan, Rabu,  17 Januari 2017. (Foto: Humas Pemkot)

Palu, Metrosulawesi.com - Walikota Palu Drs. Hidayat,  M.Si menerima kunjungan silaturahmi Rektor IAIN Palu, Prof. DR. H. Sagaf Pettalongi, M.Pd beserta unsur Wakil Rektor (Warek) dan Dekan  di ruang kerja Camat Palu Selatan, Rabu,  17 Januari 2017.

Dalam diskusi ringan tersebut, Walikota Hidayat menegaskan pihaknya siap mendukung pelaksanaan Annual International Confference  Islamic Studies (AICIS).

“Pemkot Palu siap mendukung dengan harapan semua pihak yang terlibat saling berkoordinasi dgn baik demi mensukseskan tiga kegiatan yang akan dilaksanakan di Kota Palu, yakni FPPN III, Indonesiana, dan AICIS,” katanya.

Selain itu, Walikota Hidayat juga meminta civitas akademika IAIN membantu mensukseskan program Gerakan Gali Gasa (3G).

“Saat ini kami perang terhadap sampah dan mensosialisaikan pesan-pesan sosial dan keagamaan ini kepada mahasiswa dan masyarakat di Kota Palu. Kami berharap Civitas Akademika IAIN mendukung program kami ini,” katanya.

Menanggapi hal itu,  Rektor IAIN Palu, Prof. DR. H. Sagaf Pettalongi, M.Pd menegaskan pihaknya siap mendukung program 3g yang digaungkan Pemerintah Kota Palu.

“Civitas Akedemika IAIN Palu berkomitmen siap mendukung program  Pemkot Palu sesuai dengan kompetensi yg dimilikinya,” kata Rektor.

Prof Sagaf mengungkapkan pelaksanaan AICIS yang berskala nasional dan internasional tersebut akan dihadiri sekitar 2000-3000 tamu.

“Terdiri dari para Rektor beserta unsur pimpinan PTKIN, para Inteletual PTKIN seluruh Indonesia dan pakar Islamic Studies manca negara,” ungkapnya.

Kata Rektor, AICIS tersebut rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan Festival Pesona Palu Nomoni III dan Indonesiana pada September 2018.

“Adapun kegiatan-kegiatannya antara lain, seminar, giat ilmiah dan pameran,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kemenag menetapkan IAIN Palu sebagai tuan rumah penyelenggaran kegiatan berskala internasional AICIS 2017 lewat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 7051 Tahun 2016 tentang Tuan Rumah Pelaksana AICIS Ke-17 pada 2017.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola mendukung rencana IAIN Palu untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan AICIS 2017, bahkan Pemprov Sulteng akan turut serta memeriahkan serta menyukseskan penyelenggaraan AICIS 2017 jika IAIN Palu berhasil meraih posisi tuan rumah kegiatan internasional tersebut.

"Prinsipnya Pemprov Sulawesi Tengah akan membantu dan berupaya secara maksimal memberikan yang terbaik kepada perguruan tinggi, demi pengembangan institusi serta daerah," kata dia.

Dukungan yang diberikan oleh Pemprov Sulteng kepada IAIN Palu diikuti dengan rekomendasi Gubernur Sulteng guna meyakinkan pihak Kementerian Agama bahwa IAIN Palu siap menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Tags: