Thursday, 19 July, 2018 - 04:02

Pengamanan Eksekusi Tanjung, Polda Tegaskan Sudah Sesuai Prosedur

 Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hery Murwono. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hery Murwono mengatakan, tindakan aparat kepolisian dalam membubarkan ibu-ibu pada pelaksanaan eksekusi di kawasan Tanjung Sari, Luwuk, sudah sesuai prosedur. 

"Menurut saya pengamanan dan pengawalan eksekusi tersebut bukan pembubaran paksa, melainkan langkah yang sudah sesuai dengan prosedur," tulis  AKBP Hery Murwono, dalam pesan singkatnya, Sabtu 24 Maret.

Sebelum dibubarkan, aparat Polres Banggai telah mengimbau dan menasihati warga dengan sopan untuk tidak menghalangi proses eksekusi.

“Tetapi, ada pihak yang menyulut kericuhan,” tulisnya.

"Protap (prosedur tetap) dalam kegiatan kepolisian yang diawali dengan persiapan, imbauan, arahan dan nasihat dan mediasi serta sikap perilaku, tutur bahasa yang sopan santun. Namun tidak dihiraukan dan tersulut pihak yang dapat berpotensi munculnya gangguan," tambah Hery.

Seperti diberitakan, eksekusi lahan di kawasan Tanjung Sari Luwuk itu, sempat ricu dan berakhir bentrok antara aparat dan warga. Polisi membubarkan ibu-ibu yang sedang menggelar zikir di lokasi lahan yang akan diesekusi.

Wakapolri Komjen Syafruddin setelah menerima laporan itu, merasa geram, dan memerintahkan Propam untuk menginvestigasi soal kebenaran informasi tersebut.

"Ini mungkin investigasinya minggu depan sudah selesai dan investigasinya menyeluruh, bukan hanya kepada internal Polri. Tapi kepada pengambil kebijakan, yaitu pemerintah daerah, akan kita proses semuanya," ucap Syafruddin. (*)