Thursday, 21 June, 2018 - 11:01

Pengawasan Orang Asing Diperketat

Suparman. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Jajaran Imigrasi Palu memperketat pengawasan terhadap kemungkinan peningkatan kunjungan orang asing dalam momentum Lebaran 2018. Hal ini dilakukan karena daerah ini salah satu tujuan orang asing mulai dari pencari pekerja hingga tujuan wisata.

“Meskipun sedang libur, pengawasan tetap kita perketat atas kemungkinan aktivitas orang asing,” ujar Kepala Imigrasi Palu Suparman, Senin, 11 Juni 2018.

Dia mengimbau masyarakat apabila mengetahui adanya aktivitas orang asing yang mencurigakan agar melaporkannya kepihak Imigrasi. Laporan tersebut dipastikan akan ditindaklanjuti petugas Imigrasi.

“Masyarakat silakan melapor ke kami apabila mengetahui ada aktivitas orang asing yang mencurigakan. Kami akan turunkan petugas untuk mengecek ke lapangan,” kata Suparman.

Imigrasi sesuai prosedur dalam memproses keberadaan orang asing yang tidak memiliki izin tinggal/visa akan melakukan deportasi. Namun jika orang asing tersebut memiliki izin tinggal/visa Imigrasi hanya sebatas melakukan pemgawasan.

“Selama mereka tidak melakukan pelanggaran izin tinggal atau kriminal tidak masalah karena bagaimanapun kita butuh turis. Kita perlu turis karena mereka datang membawa uang. Dengan uang yang mereka bawa otomatis akan belanja dan ekonomi masyarakat tambah makmur,” tuturnya.

Suparman mengungkapkan saat ini salah kabupaten tujuan orang asing/turis yang berkunjung ke Sulteng yaitu Kabupaten Poso. Poso menjadi konsentrasi turis karena keberadaan destinasi wisata Danau Poso di kabupaten ini.

“Mungkin karena kondisi Poso sekarang sudah aman sehingga konsentrasi turis kesana untuk melihat keindahan Danau Poso,” tandas Suparman. 
 

Editor: M Yusuf Bj