Tuesday, 22 May, 2018 - 01:10

Pilkada 2018: 17 Paslon di Tiga Kabupaten

KANDIDAT CALON BUPATI DAN WABUP
  • Donggala: Kasman Lassa-Moh Yamin (Sakaya), Vera Elena Laruni-Taufik M Burhan (Vegata), drg Anita B Nurdin-Abdul Rahman (AR Rahman), Idham Pagaluma-M Yasin Lataka (I’Yamo), Dr Suandi-Abdurrahman Kasim, Burhanuddin Yado-Endah Wahyuningasih, Tema M-Rusli Zamzami Said
  • Parigi Moutong: Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (Sabar), Erwin Burase-Rahmawati M Nur (Era Baru), Amrullah Kasim Almahdalie-Yufni Bungkundapu (Amin), Anwar Saing-Nasruddin (Annas), Abd Haris Lasimpara-Djabrik Petarolla (Hajad)
  • Morowali: Taslim-H Najamuddin (Tahajud), Sarifuddin Hafid-Chaeruddin Zen (Sah) dan Ambo Dalle-Aminuddin Awaluddin (Adam Beramal). Silahudin Karim-Sunardi Firdaus, Haris Nunu-Ismail Suaib

Palu, Metrosulawesi.com - Tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) kepala dan wakil kepala daerah sudah berakhir. Dari tiga kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2018, terdapat 17 pasangan calon yang mendaftar, delapan di antaranya lewat jalur perseorangan.

Di Kabupaten Donggala terdapat tujuh pasang mendaftar ke KPU Donggala yakni Kasman Lassa-Moh Yamin (Sakaya), Vera Elena Laruni-Taufik M Burhan (Vegata), drg Anita B Nurdin-Abdul Rahman (AR Rahman), Idham Pagaluma-M Yasin Lataka (I’Yamo), Dr Suandi-Abdurrahman Kasim, Burhanuddin Yado-Endah Wahyuningasih dan pasangan Tema M-Rusli Zamzami Said.

Dari 7 pasangan itu, 3 pasang lewat jalur partai politik yaitu Sakaya, Vegata dan AR Rahman, sedangkan 4 lagi memilih jalur perseorangan yakni I’Yamo, Dr Suandi-Abdurrahman Kasim, Burhanuddin Yado-Endah Wahyuningasih dan Teman M-Rusli Zamzami.

Pasangan Sakaya diusung 6 koalisi partai politik yaitu Gerindra, PKS, PPP, Nasdem, PAN dan PBB dengan total kursi 13. Pasangan ini merupakan koalisi dengan total kursi terbanyak, hampir setengah kekuatan DPRD Donggala mendukung pasangan ini.

Untuk pasangan Vegata, terdapat empat partai politik sepakat mengusungnya yakni Golkar, PKB, Demokrat dan PKPI. Gabungan partai politik mengoleksi 11 kursi di DPRD, sekaligus menjadi pasangan dengan jumlah koalisi terbanyak kedua.

Sedangkan pasangan AR Rahman, maju di Pilkada Donggala tahun 2018 disokong oleh dua partai koalisi PDIP dan Hanura. Kedua partai ini sama-sama memiliki tiga kursi di DPRD, jadi total enam kursi sudah bisa mengantarkan AR Rahman bertarung di Donggala.

Untuk Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), terdapat 5 pasangan calon siap memperebutkan DN 1 K dan DN 2 K. Terdapat calon petahana yakni Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (Sabar) yang diusung koalisi Gerindra, PKS, PPP, PAN, PBB dan PDIP.

Koalisi besar ini menguasai setengah kursi di DPRD Parimo yakni Gerindra 6 kursi, PKS 2 kursi, PDIP 5 kursi, PBB 3 kursi, PPP 1 kursi dan PAN 2 kursi dengan total 19 kursi. Koalisi pengusung Ssabar ini juga menjadi pendaftar pertama di KPU Parimo.

Pasangan Erwin Burase-Rahmawati M Nur (Era Baru) yang berpasangan dimenit-menit terakhir juga sudah mendaftar ke KPU Parimo dengan membawa 9 kursi dari koalisi Golkar 5 kursi dan PKB 4 kursi.

Saat pendaftaran pasangan ini oleh KPU Parimo diminta untuk melengkapi sejumlah berkas yang belum terpenuhi. Pasangan ini berjanji secepatnya memasukkan berkas yang diminta oleh KPU Parimo.

Sementara pasangan Amrullah Kasim Almahdalie-Yufni Bungkundapu (Amin) juga sudah memasukkan berkas pendaftaran ke KPU Parimo. Pasangan ini diusung koalisi Golkar dan Hanura. Di DPRD Parimo Golkar memiliki 5 kursi dan Hanura juga 5 kursi.

Sedangkan yang memilih jalur perseorangan yakni pasangan Anwar Saing-Nasruddin (Annas) serta pasangan Abd Haris Lasimpara-Djabrik Petarolla (Hajad). Hingga jam 22.00 Wita, pasangan ini baru ancang-ancang menuju KPU Parimo.

Di Kabupaten Morowali, terdapat lima pasangan calon yang mendaftar, 3 lewat jalur partai politik dan 2 lewat jalur perseorangan. Yang lewat jalur partai politik yakni Taslim-H Najamuddin (Tahajud), Sarifuddin Hafid-Chaeruddin Zen (Sah) dan Ambo Dalle-Aminuddin Awaluddin (Adam Beramal).

Untuk pasangan jalur perseorangan yang mendaftar ke KPU yakni Silahudin Karim-Sunardi Firdaus serta pasangan Haris Nunu-Ismail Suaib.

Sesuai tahapan Pilkada serentak 2018, pasangan yang mendaftar ke KPU dari tiga kabupaten akan mengikuti tes kesehatan yang dipusatkan di RS Undata Palu. Tes kesehatan dilaksanakan di RS Undata karena hanya rumah sakit ini yang memenuhi syarat yang diatur oleh KPU, yakni rumah sakit tipe b.


Editor : Udin Salim