Tuesday, 18 September, 2018 - 23:59

Pilkada 7 Daerah di Sulteng, KPU Tak Boleh Vakum

Muhammad Ramlan Salam. (Foto : Dok)

Palu, Metrosulawesi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Sulawesi Tengah yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun depan tak boleh vakum. Komisioner di kabupaten kota diminta tetap bekerja mempersiapkan pelaksanaan pilkada di daerahnya.

Komisioner KPU Sulteng Muhammad Ramlan Salam mengatakan, optimistis pemilihan akan dilaksanakan secara langsung sesuai dengan Perppu yang telah ditebitkan.

Diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerbitkan dua peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) terkait pemilihan kepala daerah, pada Kamis (2/10/2014) malam.

Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota diterbitkan untuk mencabut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang mengatur bahwa kepala daerah dipilih oleh DPRD.

Sementara itu, Perppu Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah diterbitkan untuk menghapus tugas dan wewenang DPRD dalam memilih kepala daerah.

Ramlan Salam menegaskan, pernyataan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi bahwa  KPU bisa menyiapkan pilkada tahun 2015 berlandaskan Perppu menjadi acuan bagi KPU di daerah untuk tetap berkoordinasi dengan pemda.

Sembari menunggu Peraturan KPU, koordinasi dengan pemerintah daerah harus tetap berjalan. Dikhawatirkan, jika vakum maka pelaksanaan tidak sesuai target waktu. Setidaknya, kata dia butuh sekitar delapan bulan melaksanakan semua tahapan pilkada langsung.

“Sedang kami menunggu PKPU setidaknya mengenai tahapan dan penganggaran,” kata Ramlan Salam kepada Metrosulawesi, Kamis (9/10/2014).

Jika petunjuk teknis yang akan tertuang di PKPU tersebut sudah terbit, maka selanjutnya KPU yang akan menggelar pilkada akan segera bekerja.

Adapun tujuh daerah di Sulteng yang akan menggelar pilkada tahun depan yakni Palu, Sigi, Poso, Tojo Unauna, Tolitoli, Banggai Laut dan Morowali Utara.