Sunday, 18 February, 2018 - 05:29

Pilkada: Tiga Dokumen Wajib Disetor Calon dari ASN

Samsul Y Gafur. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, pejabat dan staf BUMN, BUMD, kepala desa, perangkat desa, anggota DPRD, DPR, DPD yang bertarung di pilkada 2018 wajib menyetor tiga dokumen tambahan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah Samsul Y Gafur mengatakan, tiga dokumen tersebut merupakan tambahan dari beberapa syarat lainnya yang berlaku untuk seluruh calon yang maju di pilkada.

Tiga dokumen tersebut yakni surat pengajuan pengunduran diri kepada pejabat yang berwenang. Kedua, tanda terima dari pejabat yang berwenang bahwa yang bersangkutan telah mengundurkan diri. Dan, ketiga pejabat berwenang mengeluarkan surat keterangan bahwa pengusulan pengunduran diri bakal calon  sedang diproses.

“Bagi ASN, TNI, Polri, pejabat dan staf BUMN, BUMD, kepala desa dan perangkat desa, anggota DPRD, DPR, DPD harus memasukkan dokumen tersebut paling lambat lima hari setelah ditetapkan sebagai pasangan calon. Adapun penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada 12 Februari 2018,” jelas Samsul Y Gafur ditemui Metrosulawesi di ruang kerjanya, Selasa 9 Januari 2018.

(Selengkapnya di edisi cetak Selasa, 10 Januari 2018)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.