Friday, 22 June, 2018 - 10:03

PJU Sigi Bermasalah Sejak 2013

Jamaluddin L Nusu, SE. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Sigi yang masih berutang sekitar Rp 8 miliar ke pihak PT PLN Persero Cabang Palu, masih menjadi perbincangan di daerah itu. Pasalnya utang Pemda Sigi terkait pembayaran Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) ini masih menjadi polemik di Sigi.

Beredar kabar dari pihak PLN akan mencopot pemasangan lampu PJU di Sigi. Sampai Pemda Sigi dituntut memiliki niat baik untuk melunasi utangnya ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Wakil Ketua II DPRD Sigi, Jamaluddin L Nusu SE, yang ditemui Metrosulawesi di ruang kerjanya, menjelaskan titik awal persoalan utang lampu PJU Pemda Sigi ke PLN ini.

Politisi dari Partai Gerindra ini, mengatakan persoalan utang lampu PJU ke PLN ini dipastikannya sejak pemerintahan Bupati Sigi sebelumnya, yakni Aswadin Randalembah.

Saat itu 2013, kata dia lagi Pemda Sigi mengajukan proyek pengadaan lampu LED. Sehingga dari lampu mercury diganti menjadi lampu LED dengan tujuan untuk meminimalisir tagihan utang dari PLN.

“Anehnya pas semua bola lampu mercury diganti menjadi lampu LED, harapan kami tagihan dari PLN menurun. Akan tetapi tagihan tidak menurun, namun semakin bertambah,” ungkapnya.

Jamal menambahkan, awal mula persoalan tagihan lampu PJU Pemda Sigi dengan PLN dari pergantian mata lampu mecury ke LED itu.

Saat itu 2013 persoalan ini sempat menjadi pembahasan Pansus DPRD Sigi, dengan menghadirkan pihak PLN dengan OPD terkait dalam hal Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sigi, yang dipimpin H Anas Latjinala.

“Saya akui persoalan utang lampu PJU ini pernah dibahas di DPRD Sigi. Dimana saya sendiri yang menjabat Wakil Ketua Pansus membahas persoalan ini dengan PLN,” terangnya.

Menurutnya, hanya saja persoalan utang tagihan lampu PJU di Sigi ini sempat tidak dibahas lagi 2015 lalu. Karena 2015 itu merupakan tahun politik di Kabupaten Sigi. Dimana Pemda Sigi melakukan perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sehingga terkait lampu PJU Sigi tidak pernah menjadi pembahasan lagi.

“Kalau saat ini pihak PLN mempersoalkan utang Pemda Sigi itu, maka solusinya diselesaikan dengan cara duduk bersama. Bagaimana PLN menguraikan dengan baik tagihan itu, baru Pemda Sigi diminta bertanggung jawab melunasi tagihan itu,” pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal