Sunday, 19 November, 2017 - 15:10

Polisi Tembak Pelaku Pencurian Lintas Kabupaten

BARANG BUKTI - Polres Poso menggelar sejumlah babuk hasil curian yang disita dari tiga pelaku. (Foto : Ryan Darmawan/ Metrosulawesi)

Disita Pistol, Laptop, Ponsel, Emas dan Motor

Poso, Metrosulawesi.com - Reskrim Polres Poso mengamankan tiga pelaku pencurian yang selama ini menjadi buron, satu di antaranya ditembak. Pelaku merupakan warga Poso dan warga pendatang yang berinisial AH, R dan RO.

Kasat Reskrim Polres Poso, AKP David Sianipar mengatakan ketiga pelaku melakukan aksinya dengan berpindah-pindah mulai dari Kabupaten Poso, Kota Palu, Parimo, Ampana dan Luwuk. Pelaku menyasar rumah-rumah kosong saat ditinggal pemiliknya.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa uang puluhan juta, laptop, handphone, emas dan 10 unit motor. Pelaku juga mencuri senjata api milik anggota kepolisian di Parigi beberapa bulan silam.

David Sianipar mengatakan, berhasilnya ditangkap ketiga pelaku pencurian itu merupakan hasil ungkapan dari tiga Polres, yakni Polres Poso, Polres Tojo Unauna, Polres Banggai yang dibantu Polda Sulteng.

Kata David, ketiga pelaku itu berhasil ditangkap di tempat berbeda di Ampana dan Luwuk. Saat penangkapan satu pelaku mencoba melarikan diri lalu polisi terpaksa kemudian menembak pelaku.

“Saat kita melakukan penangkapan, satu orang mencoba kabur terpaksa kita tembak. Sekarang pelaku sudah kami rawat di rumah sakit dalam keadaan selamat,” ucap David, Selasa 14 November 2017.

David menambahkan, para pelaku merupakan residivis pelaku kriminal murni yang selama ini menjadi buron kepolisian.

“Mereka ini berkelompok residivis kriminal murni,” jelasnya.

Dimulainya operasi penangkapan pelaku ini, merupakan operasi gabungan pihak kepolsian di Sulteng pasca senjata api milik anggota Polres Parigi hilang dicuri pelaku.

Kasat David juga mengimbau kepada masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan motornya bisa melaporkan ke pihak Polres Poso untuk mengambil kembali. Kini ketiga pelaku tersebut telah diamankan di Mapolres Poso untuk pengembangan lebih lanjut.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.