Tuesday, 18 September, 2018 - 23:52

Politik Uang Bisa Berujung Pembatalan

Ruslan Husen. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.com – Sanksi terberat terkait dengan pelanggaran administrasi Terstruktur Sistimatis dan Masif (TSM), dalam hal ini politik uang berupa pembatalan pada pasangan calon. Hal tersebut dikemukan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulteng, Ruslan Husen, kepada sejumlah wartawan usai mengawasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong dalam melakukan verifikasi terhadap partai politik, baru-baru ini.   

Kalau sebelumnya 60 hari sebelum hari pemungutan baru kasusnya bisa diproses, dengan regulasi yang baru dapat diproses sampai pada hari pemungutan.

“Tahun ini ada perubahan regulasi yang lebih tegas, untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan politik uang, menerima maupun memberikan kepada pemilih untuk kemudian pimilih yang bersangkutan memilih sesuai dengan masksud pemberi, dan itu akan kami tindaki apa laporan dari masyarakat ataupun peserta pemilihan, pemantau pemilihan ataupun temuan dari pengawas pemilihan,” tutur Ruslan.

Ruslan Menjelaskan, untuk politik uang memiliki dua pintu yakni, laporan dan temuan, sehingga untuk masa kampanye sampai pada hari pemungutan suara, karena politik uang memberikan barang terkait dengan kegiatan program yang menguntungkan pasangan calon atau merugikan pasangan calon peserta pemilihan.

"Akan menjadi ranah dari pengawas pemilihan untuk sejak dini melakukan pencegahan. Kemudian bagi pejabat untuk tidak menggunakan program atau kegiatan yang menguntungkan dirinya sendiri dan merugikan pasangan calon lain,” ujarnya.

Indikatornya adalah, jika ada kejadian atau kasus bantuan atau kegiatan si A terlakasana atas prakarsa bantuan salah satu pasangan calon, dan mengatakan makanya jangan ragu-ragu dukung si A ini pada pemilihan nanti, kasus ini unsurnya terpenuhi.

Ia menambahkan, terkait peserta bakal pasangan calon, ketika ditetapkan sebagai calon dalam pemilihan bupati, jika calon tersebut merupakan petahana, Panwas juga akan mewaspadai terkait dengan penggunaan program ataupun kegiatan yang mengungtukan calon tersebut.


Editor: Elwin