Thursday, 16 August, 2018 - 22:53

Polres Poso Gagalkan Penyelundupan Sabu dan Kosmetik Ilegal

Polisi satuan narkoba saat memeriksa barang bawaan penumpang di Polres Poso. (Foto : Ryan Darmawan)

Poso, Metrosulawesi.com - Satuan narkoba Polres Poso berhasil mengamankan ribuan kosmetik  dan ratusan obat-obat kecantikan ilegal dan paket sabu di sebuah Bus Honda Jaya jurusan Makassar- Luwuk saat tengah melakukan mudik lebaran.
 
Mobil honda jaya bernomor polisi DN 7871 pada Jumat (10/7) Pukul 01.00 dini hari di cegat oleh satuan narkoba Polres Poso di depan sebuah halte di wilayah Kecematan Lage.

Setelah melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap barang bawaan pemudik,  Polisi satuan narkoba Polres Poso menemukan paket sabu seberat 2,35 gram yang dimasukan dalam charge ponsel dan kotak pembungkus rokok serta menyita berbagai alat hisap, pipet,  dua handphone, korek api dan beberapa plastik sebagai barang bukti.
 
Selain itu, Polisi juga berhasil menyita ribuan obat kosmetik ilegal dari berbagai merek. Diduga obat-obat kecantikan dan kosmetik tersebut akan di jual dan digunakan saat lebaran.
 
Kasat Narkoba Polres Poso AKP Fredrik Taidi mengatakan seluruh barang bukti yang ditemukan akan disita dan dimusnahkan.

“Kami sudah sita temuan babuk tersebut, dan kita akan musnahkan,” tegasnya.

Fredrik mengatakan dari  temuan ribuan barang kosmetik ilegal dan sabu-sabu tersebut  telah ditetapkan dua tersangka yakni  Supir Riswan Lamba (40) warga Kabupaten Luwuk serta pembantu supir Ispandi (35) yang juga merupakan warga Kabupaten Luwuk.

Ia menambahkan, penetapan dua tersangka tersebut berdasarkan pengakuan dari barang bukti dan hasil tes urine. Menurutnya,  kedua tersangka menghisap sabu saat tengah mengemudi. Kedua tersangka tersebut akan dijerat Pasal 112 Ayat 1 dengan ancaman empat hingga 12 tahun penjara.

“Dari hasil tes urine dan pengakuan mereka terhadap barang bukti, sehingga kami tetapkan tersangka,” katanya saat memeriksa barang penumpang, Jumat (10/7) di Polres Poso.

Selama Ramadhan pihak Sat Narkoba  Polres Poso telah mengamankan tiga kasus terkait narkoba.


Editor : M Yusuf Bj