Wednesday, 19 September, 2018 - 23:04

POPDA Kota Palu, Wadah Jaring Pesilat Tangguh

PERTANDINGAN - Dua orang siswa saat bertanding di Pekan Olahraga Pelajar tingkat Kota Palu di lapangan Futsal Dispora Palu, Sabtu, 18 Maret 2018. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Puluhan pelajar di jenjang SMP dan SMA mengikuti Pekan Olahraga Pelajar tingkat Kota Palu cabang olahraga Pencak Silat, Sabtu, 18 Maret 2018. Ajang yang telah memasuki babak final ini diikuti oleh 17 tim.

Demikian dikatakan Delegasi Teknik atau Kordinator Silat, Hendrik Latif SH kepada Metrosulawesi, di lapangan Futsal Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu, Sabtu pekan lalu.

“Saat ini para pelajar mengikuti kategori tanding, dari jumlah 85 partai. Seharusnya kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, namun kami bisa laksanakan selama tiga hari,” ujarnya.

Hendrik mengungkapkan, para juri yang menilai diambil dari lembaga wasit/juri tingkat provinsi dan telah memiliki sertifikat.

“Kami berharap melalui seleksi di tingkat Kota Palu ini, kami bisa menjaring bibit-bibit baru dari peserta didik, baik itu SMP dan SMA. Sehingga bisa didapatkan pesilat-pesilat yang tangguh dan bagus, sehingga bisa mewakili Kota Palu menuju ke tingkat provinsi maupun nasional,” katanya.

Kata dia, dari 17 tim atau partai yang masuk babak final, diantaranya sembilan kelas putra dan delapan kelas putri.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat KONI Sulteng, Edison Ardiles mengatakan kegiatan tersebut juga untuk mengukur dan sekaligus menjaring atlet-atlet berprestasi yang akan mengikuti berbagai kejuaraan regional maupun nasional.

Ia mengatakan selain pelaksanaan Popda, Palu juga telah ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) yang akan berlangsung pada September 2018, sehingga diperlukan kesiapan yang maksimal,  baik atlet maupun sarana dan prasarana pendukung kegiatan dimaksud.

Kata dia, KONI sebagai induk organisasi olahraga di daerah ini berharap besar dari kegiatan-kegiatan tersebut akan melahirkan atlet berprestasi menjadi aset daerah dan bangsa Indonesia.

“Sulteng selama kurun beberapa tahun terakhir ini, berdasarkan data prestasi yang ada di KONI Sulteng, telah banyak melahirkan atlet nasional. Ada beberapa cabang olahraga di Sulteng yang memiliki catatan prestasi gemilang seperti karate, pencak silat, sepak takraw putri, binaraga, atletik, dayung dan tinju serta cabang lainya,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Edison, KONI akan terus mendorong para pembina olahraga di Sulteng untuk terus menerus melakukan pembinaan guna mencetak atlet-atlet berprestasi yang tidak hanya mengharumkan nama Sulteng, tetapi juga Indonesia. 


Editor: M Yusuf Bj