Thursday, 18 January, 2018 - 09:27

PRC, Layanan Kesehatan 24 Jam di Ampana

LAYANAN 24 JAM - Tim PRC Puskesmas Ampana Timur sewaktu merawat pasien di rumahnya. (Foto : Ist)

Ampana, Metrosulawesi.com - Sebagai kabupaten termuda di Sulawesi Tengah yang baru menanjak usia 15 tahun, Kabupaten Tojo Una-Una terus berbenah dengan terus menunjukkan sebagai kabupaten terbaik di Sulteng. Baik dari segi tata administrasi pemerintahan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan layanan kepada masyarakat.

Bupati dan wakil bupati Touna Muhammad Lahay-Admin Lasimpala sejak dilantik pada pada 16 Februari 2015 lalu terus melakukan pembenahan menuju Touna Hebat. Beberapa prestasi yang telah diraih diantaranya adalah penghargaan dari Presiden sebagai kabupaten yang selama lima tahun berturut-turut meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

Selain itu salah satu program yang terus digenjot adalah layanan kesehatan gratis kepada seluruh masyarakat Touna yang telah berjalan selama pemerintahan Muhammad lahay-Admin. Saat ini, Pemda Touna juga mulai menerapkan layanan kesehatan Pelayanan Reaksi Cepat (PRC) kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebagai langkah awal, PRC ini diberlakukan di Puskesmas Ampana Timur.

Bupati Muhammad Lahay beberapa waktu lalu ketika berbincang dengan Metro Sulawesi mengaku, salah satu program mewujudkan Touna Hebat adalah terciptanya akses masyarakat terhadap pelayanan dasar secara merata seperti pelayanan kesehatan.

Muhammad Lahay menerangkan, penyediaan sarana dan prasarana mulai dari kesehatan, wisata dan pembangunan terus dilaksanakan. Untuk kesehatan, lewat layanan gratis dan cepat, maka penanganan penyakit bisa dituntaskan tidak sampai ke rumah sakit agar tercipta masyarakat Touna yang sehat dan produktif.

Untuk mendukung program Touna Hebat itu, saat ini Pemda Touna menerapkan program PRC yang dilaksanakan di Ampana Timur. Kepala Puskesmas Ampana Timur dr Diah Devawati SKed selaku penanggungjawab program PRC Ampana Timur mengaku, program PRC yang efektif diterapkan di wilayah tugas Puskesmas Ampana Timur pada bulan Juli 2017 lalu mulai berjalan dengan tahapan awal sosialisasi kepada masyarakat.

"Program PRC ini mendapat respons baik oleh Pemda dalam hal ini Bupati Touna Muhammad Lahay yang berharap agar PKM yang ada di Touna bisa ikut mengadakan program PRC," katanya belum lama ini.

Dia menambahkan, program PRC bisa berjalan baik berawal dari konsep PRC yang disampaikan melalui proposal ke Dinas Kesehatan Tojo Una-Una untuk kemudian ditinda lanjuti. Sehingga Dinas Kesehatan Tojo Una-Una mendukung penuh kegiatan PRC, lalu kemudian disosialisasikan ke kepala daerah dan pejabat setempat.

"PRC yang telah diterapkan di Puskesmas Ampana Timur itu disiapkan satu mobil ambulans dengan tim PRC terdiri dari satu dokter, satu perawat dan satu bidan," tambahnya.

Mereka yang mendapatkan layanan PRC ini adalah berdomisili di wilayah kerja PKM Ampana Timur dengan prioritas golongan rentan balita, lansia dan ibu hamil, penderita penyakit sedang berat, memiliki identitas KTP/KK/JAMKESDA/JKN,BPJS/KIS.

dr. Diah menambahkan, PRC Puskesmas Ampana Timur adalah salah satu program layanan Puskesmas Ampana Timur yang tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun, sebagai bentuk untuk memudahkan masyarakat wilayah kerja Ampana Timur dalam  mendapatkan layanan kesehatan di luar jam kerja puskesmas.
 
"PRC bekerja langsung mengunjungi rumah pasien (jemput bola) yang membutuhkan. Adapun mekanisme kerja PRC, adalah dengan mendapat telepon langsung dari pasien melalui call center PRC yang telah disosialisasikan, operator melakukan anamnesis singkat dengan menanyakan kondisi pasien, alamat pasien dan kemudian menghubungi tim PRC," sambungnya.

PRC Ampana Timur siap membantu masyarakat 24 jam, tidak pandang penyakit ringan dan berat, dokter akan memeriksa pasien di rumahnya.

"Layanan PRC diterapkan agar Touna  bisa ikut bersaing dalam program pelayanan masyarakat berbasis jemput bola di PKM yang ada di kabupaten di Indonesia," urainya.

Beberapa warga Ampana Timur yang menjadi pasien PRC mengaku sangat bersyukur dan terbantu dengan adanya program PRC ini.

"Kami sangat terbantu disaat-saat ada keluarga yang sakit dalam kondisi darurat bisa langsung menghubungi tenaga medis di PRC ini untuk mendapat layanan pertama," kata Iksan salah satu pasiesn PRC.


Editor : Udin Salim

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.