Thursday, 24 May, 2018 - 03:23

Puluhan Siswa Molor Ikut UNBK Hari Pertama

Ansyar Sutiadi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu Ansyar Sutiadi mengatakan di hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sekitar 88 siswa di SMP Negeri 9 Palu molor mengikuti UNBK dikarenakan gangguan jaringan internet pada sesi pertama.

“Saya juga heran kenapa bisa molor, karena dari ratusan rombongan belajar (rombel), hanya 88 siswa yang terkendala, tetapi puluhan siswa itu hanya tertunda karena jaringanya bermasalah,” jelas Ansyar usai meninjau pelaksanaan UNBK di salah satu SMP, Selasa, 24 April 2018.

Kemarin kata Ansyar, kendala itu dapat diantisipasi, olehnya puluhan siswa tetap selesai ikuti UNBK, karena sekolah terpaksa membuka sesi keempat.

Ansyar mengaku di hari kedua ini, laporan dari sejumlah sekolah pelaksanaan UNBK berjalan lancar. Lancarnya pelaksanaan UNBK ini diharapkan hingga hari terakhir.

“Ujian Nasional bukan penentu kelulusan tetapi hanya bagian dari pemetaan, penentu kelulusan tetap diserahkan kepada sekolah. Selain itu, pemetaan secara nasional ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas peserta didik kita, dan kegiatan belajar mengajar di sekolah,” katanya.

Sedangkan untuk pengumuman kelulusan, Ansyar mengungkapkan akan dilaksanakan pada Mei mendatang.

Selain itu, di hari pertama UNBK, kepanikan juga sempat melanda SMPN 15 Palu pada sesi pertama. Kurang lebih 15 menit terjadi gangguan jaringan.

“Tetapi untung saja di menit ke-16 jaringan kembali normal, sehingga proses sesi pertama tetap bisa berjalan hingga selesai,” ujarnya.

Ansyar berharap di hari kedua ini kondisi tersebut tidak terulang lagi. Harapannya petugas telkom dan PLN senantiasa siap di lokasi UNBK.

“Jika sewaktu-waktu tenaga mereka dibutuhkan, mereka ada di lokasi itu,” katanya. 


Editor: M Yusuf Bj

Tags: