Monday, 20 August, 2018 - 13:13

Terus Mantapkan Persiapan AICIS ke-18

Dr Abidin. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu sekaligus panitia penyelenggara AICIS, Dr Abidin mengungkapkan, panitia sudah empat kali melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) tetang kesuksesan konferensi internasional Islam yang bertajuk Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-18.

“AICIS ini adalah hajat Kementerian Agama RI yang setiap tahun, dan alhamdulillah Kementerian Agama memercayakan kepada Pemerintah Provinsi Sulteng melalui IAIN Palu, sehingga tamu-tamunya menjadi tamu kita semua di Sulteng,” kata Abidin di Palu, Selasa, 17 Juli 2018.

Abidin mengatakan perkembangan terakhir Persiden Joko Widodo sudah 79 persen kesiapannya hadir di kegiatan tersebut.

“Di pertemuan pertama hanya 25 persen, kedua 50, ketiga 60 dan pertemuan keempat sudah mencapai 79 persen Presiden Jokowi siap hadiri kegiatan AICIS ke-18 di Sulteng,” ujarnya.

Kata dia, rencana kunjungannya di Sulteng mempunyai dua program besar yakni pertama membuka kegiatan AICIS ke-18, kemudian kedua, Presiden Jokowi akan memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada sejumlah siswa.

“Maka kami programkan dalam rangka pembukaan AICIS, kami akan undang semua pesantren dan madrasah se-Sulteng untuk menerima KIP yang diserahkan langsung oleh Presiden RI, bapak Joko Widodo,” katanya.

“Dengan dua program tersebut ketika surat kami masuk ke Sekretariat Negara RI, Setneg langsung memerintahkan dengan menghubungi Kemenag RI dan tuan rumah Rektor IAIN Palu, agar mempersiapkan rundown acaranya, untuk menghadap ke Presiden, kemungkinan dalam waktu dekat, untuk menjelaskan kepada Presiden apa saja kegiatan dan kesiapannya untuk menghadirkan Presiden,” jelasnya.

Abidin mengatakan sementara merancang rundown acaranya dari menit ke menit Presiden, misalnya dari Jakarta ke bandara, makan dan dimana tempatnya, itu sudah diminta oleh Setneg RI.

“Semua itu sudah dimintai, maka saya memastikan sudah mencapai 79 persen Presiden RI akan hadiri kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Abidin mengatakan kegiatan tersebut membahas tentang keilmuan Islam dunia, karena dari luar negeri juga akan datang di Sulteng, untuk membicarakan tentang keilmuan.

“Kami coba mengundang Walikota London beragama Islam dan perempuan untuk hadir di kegiatan AICIS ke-18, ini kami coba undang dalam rangka mempresentasikan kenapa bisa jadi Walikota di London, padahal di sana masyarakatnya minim beragama Islam,” katanya.

Abidin berharap Pemda Sulteng menjadikan tamunya yang hadir di AICIS nanti, karena semua fasilitas di Sulteng digunakan seperti bandara dan lainnya.

“Alhamdulillah Gubernur Sulteng menyambut baik kegiatan tersebut, dan siap memberikan gala diner pada malam pembukaan,” ujarnya.


Editor: Udin Salim